Categories: Nasional

Optimisme Orang Tua di Tengah Pandemi Bikin Anak Tetap Semangat

KalbarOnline.com – Psikolog Anak dan Keluarga Sani Budiantini Hermawan menurturkan, saat ini banyak orang tua yang stres menghadapi pandemi Covid-19. Sebab, mereka hidup dengan tidak adanya kepastian.

Mulai dari belum tahu kapan selesainya, vaksinnya efektif atau tidak, hingga kasus yang fluktuatif. Oleh karena itu, banyak orang tua yang pesimis menghadapi keadaan ini.

Padahal kata dia, orang tua merupakan cerminan dari anak, jika ingin anak optimis menjalani aktivitasnya sehari-hari seperti belajar, tentu orang tua juga harus optimis. Begitu pun sebaliknya.

“Orang tua itu memang sangat stres dan depresi. Nah, oleh karena itu, supaya anak bisa tetap bersemangat di masa pandemi, orang tua dulu yang dibenahi (mentalnya),” ungkapnya.

Dia pun memberikan perumpamaan, jika di dalam pesawat sedang turbulensi atau terjadi goncangan, orang tua lah yang terlebih dahulu harus memakai oksigen, bukan anaknya dulu. Sebab, orang tua yang harusnya menjadi penolong dalam keadaan darurat, bukan anak.

“Orang tua juga harus optimis bahwa semua ini akan berlalu dengan sejalannya waktu, yang penting kita menjaga diri, jadi bukan kita takut dengan pandemi ini, tapi bagaimana memproteksi diri kita dan keluarga kita itu nomor satu,” tutupnya.

Maka dari itu, penting bagi anak mengetahui penerapan protokol kesehatan di masa pandemi. Dimulai dari 3M, yaitu wajib memakai masker, wajib mencuci tangan pakai sabun dan wajib menjaga jarak dan hindari kerumunan.

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Peringatan Hardiknas 2024, Pj Bupati Romi: Mengenang Perjalanan Merdeka Belajar

KalbarOnline, Kayong Utara - Pemerintah Kabupaten Kayong Utara menggelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)…

32 mins ago

Tim Jatanras Polresta Pontianak Tangkap Komplotan Pencuri Kabel, Satu Orang Masih Buron

KalbarOnline, Pontianak - Tim Jatanras Sat Reskrim Polresta Pontianak berhasil menangkap komplotan pencurian kabel listrik…

36 mins ago

Warga MHS Ketapang Dihebohkan ODGJ Gorok Leher Sendiri Hingga Tewas

KalbarOnline, Ketapang - Warga Desa Sungai Jawi, Kecamatan Matan Hilir Selatan (MHS) dibuat heboh dengan…

39 mins ago

Kadiskop UKM Kalbar Turun Langsung Monitoring Tumbuh Kembang Anak Asuh Stunting

KalbarOnline, Pontianak - Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Kalbar, Junaidi bersama Anggota Korps Pegawai Republik…

1 hour ago

Pimpin Upacara Hardiknas, Harisson Serukan Keberlanjutan Program Merdeka Belajar

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan…

1 hour ago

Lutfi Al Mutahar Optimis Jadi Calon yang Diusung PAN di Pilwako Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Lutfi Al Mutahar meyakini kalau dirinyalah yang akan diusung oleh Partai Amanat…

14 hours ago