Pria Juga Perlu Diet. Inilah Diet Terbaik untuk Pria!

Selama ini, diet identik dengan wanita yang ingin menurunkan berat badannya. Namun, diet tersebut mengesampingkan pria yang juga memerlukan pola makan khusus agar berat badannya turun. Penting diingat bahwa, kebutuhan diet pria dan wanita sedikit berbeda.

Tapi, secara keseluruhan, melakukan diet yang seimbang dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk mendapatkan berat badan ideal. “Kebanyakan pria memiliki kebutuhan kalori dan protein yang lebih tinggi daripada wanita. Hal itu karena, pria memiliki massa otot yang lebih banyak,” kata Liz Weinandy, ahli diet di Ohio State University Wexner Medical Center.

Baca juga: Wah, Seledri Bisa Meningkatkan Kesuburan Pria Lho!

Pria Membutuhkan Lebih Banyak Asupan Kalori

Dibandingkan wanita, pria memiliki proporsi otot yang lebih tinggi terhadap lemak dan tulang. Dengan begitu, tingkat metabolisme pria pun lebih tinggi. Itulah kenapa, mereka membutuhkan lebih banyak asupan kalori. “Pria juga memiliki kebutuhan yang sedikit lebih tinggi untuk beberapa mineral seperti magnesium dan juga serat, karena kebutuhan kalori yang lebih tinggi,” jelas Liz.

Meski begitu, masing-masing pria memiliki kebutuhan nutrisi berbeda. Tidak ada satu pola diet yang berhasil untuk semua pria. “Tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan pola makan tertentu lebih baik untuk pria daripada wanita. Ada kalanya, pola diet A berhasil untuk pria nomor 1, namun tidak cocok untuk pria nomor 2,” beber Liz.

Kunci keberhasilan diet adalah menyeimbangkan makanan dan mengonsumsi berbagai macam makanan. “Diet terbaik untuk pria yang mencoba menurunkan berat badan atau meningkatkan performa atletik adalah diet yang mencakup berbagai makanan, terdiri dari lima kelompok makanan dengan fokus pada serat dari makanan nabati seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, serta biji-bijian,” kata Liz.

Baca Juga :  Pentingnya Memiliki Dukungan untuk Jaga Kesehatan Mental

Kebutuhan protein, kalori, dan nutrisi lainnya pada pria dan wanita akan mengalami perubahan berdasarkan usia dan tingkat aktivitas seseorang. Meskipun tidak ada makanan khusus yang harus dikonsumsi para pria yang ingin menurunkan berat badannya, namun ada jenis makanan yang direkomendasikan bagi pria, mulai dari berbagai macam sayuran, buah-buahan, biji-bijian, produk susu rendah lemak, protein seperti kacang-kacangan, telur, dan daging tanpa lemak.

Selain itu, pria perlu memperhatikan beberapa nutrisi tertentu seperti kalori, protein, serat, asam lemak omega-3, sodium, dan mineral untuk memastikan kesehatan mereka baik.

Baca juga: 6 Tips Ampuh Menurunkan Berat Badan Saat Tidur

Diet Sehat untuk Pria

Secara umum, pria cenderung memiliki massa otot lebih banyak daripada wanita. Itu berarti, mereka membakar kalori lebih cepat, sekitar 300 hingga 400 kalori per hari, lebih banyak daripada wanita. Karena itu, pria membutuhkan kalori tambahan.

“Selain itu, pria cenderung lebih mudah menurunkan berat badan karena struktur sederhana dari anatomi mereka yang secara metabolik, bekerja lebih efisien daripada wanita,” kata Megan Wroe, ahli diet di St. Jude Medical Center di Southern California.

Karena pria memiliki lebih banyak otot dan biasanya lebih besar daripada wanita, mereka membutuhkan lebih banyak kalori sepanjang hari. Pria yang cukup aktif membutuhkan sekitar 2.200 hingga 2.800 kalori per hari. Diet atau pola makan tertentu dapat membantu Kamu melawan penyakit tertentu seperti diabetes dan membuat Kamu merasa lebih muda. Diet sehat untuk pria meliputi:

  • Buah dan sayuran. Konsumsi buah dan sayuran minimal dua cangkir buah-buahan dan 2,5 cangkir sayuran setiap hari untuk memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, serat, dan fitokimia.
  • Biji-bijian utuh. Setidaknya, makan setengah porsi dari semua biji-bijian tersebut setiap hari. Ganti biji-bijian olahan dengan roti gandum, sereal, pasta, nasi merah, atau oat.
  • Serat. Konsumsi 38 gram serat per hari untuk pria yang lebih muda dan 30 serat per hari untuk pria berusia di atas 50 tahun.
  • Ikan. Konsumsi dua hingga tiga porsi ikan per minggu.
  • Lemak sehat. Konsumsi lemak tak jenuh seperti minyak zaitun, minyak kanola, alpukat, kacang-kacangan, dan saus salad berbahan dasar minyak untuk menggantikan lemak jenuh seperti makanan olahan susu berlemak penuh, mentega, dan makanan manis berlemak tinggi.
  • Potassium. Konsumsi 3.400 miligram potassium sehari dari buah-buahan, sayuran, ikan, dan produk susu.
Baca Juga :  Mums, Jangan Ragu Konsumsi Ikan Teri, Si Kecil Kaya Nutrisi
Baca juga: Gak Pede Karena Leher Berlipat? Begini Cara Menghilangkan Double Chin!

Referensi:

U.S.News. Best Diet for Men

Eat right. Healthy Eating for Men

Comment