Desainer Kondang Prancis Pierre Cardin Tutup Usia

KalbarOnline.com – Kabar duka datang dari dunia mode internasional. Desainer senior Prancis Pierre Cardin meninggal dunia pada usia 98 tahun. Imigran Italia ini sudah berkiprah selama hidupnya dengan tokoh-tokoh terkemuka seperti Jean Cocteau dan Christian Dior sebelum meluncurkan rumah mode sendiri.

Desainnya, terletak pada gaya desain futuristik . Keluarga Cardin mengumumkan kematiannya kepada Agence France-Presse pada hari Selasa (29/12). Académie des Beaux-Arts Prancis juga mengeluarkan beberapa pernyataan berkabung atas kepergiannya.

“Kesedihan yang luar biasa, menjadi kebanggaan telah mengenalnya selama ini,” kata sekretaris jenderal akademi Cyril Barthalois melalui Twitter.

Cardin dikenal karena desainnya yang berpikiran maju. Dia juga mengutamakan estetika ruang. Garis-garis yang bersih dan melengkung. Warna-warna berani dan indah kontras dengan celana ketat dan legging hitam.

Baca Juga :  Otto Hasibuan Terpilih Jadi Ketua Umum Peradi

Lalu juga karyanya dari bahan eksperimental memancarkan sensasi petualangan dan keseruan.

Pada tahun 1960-an, setelan Cardin yang sederhana dan berkerah tinggi dipopulerkan oleh band legendaris Inggris, The Beatles. Itu adalah salah satu dari banyak karyanya yang indah. Dia juga merancang seragam untuk perawat dan untuk Pakistan International Airlines.

“Luar angkasa selalu menjadi inspirasi utama bagi Cardin. Dia pernah mengatakan kepada saya bahwa ketika dia masih kecil, dia melihat ke langit dan dia membayangkan semua bintang adalah perempuan dengan gaun malam,” kata kurator mode senior di Museum Brooklyn Matthew Yokobosky, seperti dilansir dari NPR, Selasa (29/12).

Yokobosky mengkurasi retrospektif 2019 dari karya Cardin. “Jadi ketika dia (Cardin) pergi membuat gaun malam untuk perempuan, dia membayangkan bahwa mereka adalah bintang di galaksi,” jelasnya.

Baca Juga :  Vaksin Covid-19 Manjur Mulai Digunakan, Harapan Akhiri Pandemi di 2021

Pietro Costante Cardini lahir pada bulan Juli 1922, tepat di luar Venesia, Italia. Orang tuanya pindah ke Prancis di antara dua perang dunia, dan Cardin muda bekerja merancang kostum dan topeng untuk The Beauty and the Beast versi film Cocteau. Kemudian dia mulai menjahit untuk Christian Dior. Pada tahun 1950, Cardin keluar solo karir, membuat namanya terkenal di dunia haute couture.

Pada tahun 1959, Cardin merilis koleksi pakaian siap pakai yang diproduksi secara massal dengan department store Prancis Printemps. Melalui kesepakatan lisensi dan branding, label Pierre Cardin muncul di pakaian, furnitur, parfum, aksesori, mobil bahkan wajan. Hingga kini namanya masih melenggang di dunia fashion mode yang dicintai para fashionista.

Comment