Yuk, Berhenti Overthinking!

Terlalu berlebihan memikirkan suatu hal atau biasa disebut overthinking bisa berdampak negatif terhadap kesehatan mental kita. Overthinking berkepanjangan bisa meningkatkan risiko stres, gangguan kecemasan, bahkan depresi. Maka dari itu, Geng Sehat perlu tahu cara berhenti overthinking. Jika Geng Sehat sedang khawatir atau memikirkan suatu hal berulang kali, lakukan beberapa cara berhenti overthinking di bawah ini!

Baca juga: Apakah Kamu Kecanduan Bekerja? Awas Dampak Workaholic!

Cara Berhenti Overthinking

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk berhenti overthinking:

1. Belajar untuk Menyadarinya

Cara berhenti overthinking yang pertama adalah menyadari saat Kamu sedang melakukannya. Menyadari bahwa Kamu sedang cemas tentang suatu hal dapat membantu mencari tahu asal mula hal tersebut.

Saat sadar, Kamu bisa mengambil napas dalam kemudian menganalisa situasinya secara keseluruhan. Hal ini dapat menghentikan overthinking yang Kamu alami. Jangan menyalahkan diri karena hal ini akan memperparah overthinking yang Kamu alami.

2. Meminta Pendapat Orang Lain

Beberapa orang lebih memilih melakukan segala hal dan menentukan keputusan sendiri tanpa bantuan orang lain. Namun, terkadang ada baiknya meminta pendapat orang lain. Coba jelaskan kepada orang terdekat tentang alasan Kamu overthinking. Hal ini dapat membantu Kamu memecahkan masalah dan menerima perspektif yang lebih jelas dari hal-hal yang Kamu khawatirkan.

Baca Juga :  4 Jenis Tes Kesuburan yang Harus Dijalani Jika Mums Tak Kunjung Hamil

3. Tetap Positif

Orang sering kali overthinking karena takut atau khawatir akan adanya kemungkinan suatu hal negatif akan terjadi. Jadi, salah satu cara berhenti overthinking adalah dengan mulai berpikir positif bahwa segalanya akan berjalan dengan lancar dan Kamu akan baik-baik saja. Cara berpikir ini dapat meningkatkan kesehatan mental secara positif.

Baca juga: Efek Psikologis Warna Merah, Gambarkan Ambisi Hingga Amarah

4. Cari Aktivitas sebagai Selingan

Menghindari pikiran yang menyebabkan overthinking dengan cara mengerahkan energi melakukan aktivitas lain merupakan salah satu cara berhenti overthinking. Hal ini membantu Kamu melupakan suatu hal dan lebih banyak melakukan hal yang Kamu sukai. Contoh aktivitas yang bisa Kamu jadikan selingan adalah menggambar, olahraga, menjahit, memasak, bermain musik, ataupun hal lain yang Kamu sukai.

5. Berpikir Positif

Cobalah memikirkan hasil positif dari hal yang Kamu kerjakan untuk menghilangkan pikiran negatif. Membayangkan akhir tujuan Kamu dapat meningkatkan motivasi dan meredakan kekhawatiran.

Baca Juga :  Ternyata, Membaca Buku Bermanfaat untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Penelitian yang dipublikasikan dalam Behavior and Research Therapy pada 2016 menemukan bahwa orang yang memiliki gangguan kecemasan ketika membayangkan hasil yang positif akan mengalami penurunan kecemasan.

6. Berkumpul dengan Orang yang Positif

Orang-orang terdekat, seperti teman dan keluarga, dapat membantu Kamu untuk berhenti overthinking. Satu penelitian dari Universitas Harvard menemukan bahwa hubungan sosial yang positif dapat menjaga seseorang tetap bahagia dan sehat.

7. Meminta Bantuan Dokter dan Psikolog

Kalau Kamu sudah melakukan berbagai cara tetapi tetap tidak bisa berhenti overthinking, maka mintalah bantuan dokter dan psikolog. Mereka akan memberikan rekomendasi pengobatan atau terapi jika dibutuhkan. (AS)

Baca juga: 5 Tanda Kamu Punya Rasa Percaya Diri Rendah dan Cara Mengatasinya

Referensi

The Healthy. 11 Simple Tricks to Stop Yourself from Overthinking Everything. Oktober 2020.
Healthline. Keep It Simple: 14 Ways to Stop Overthinking. November 2019.
Behaviour Research and Therapy. The power of positive thinking: Pathological worry is reduced by thought replacement in Generalized Anxiety Disorder. Maret 2016.
The Harvard Gazette. Good genes are nice, but joy is better. April 2017.

Comment