Malaysia-RI Usut Tuntas Kasus Parodi Lagu Indonesia Raya

KalbarOnline.com – Hubungan Indonesia dan Malaysia kembali tegang setelah munculnya video parodi lagu Indonesia Raya di akun YouTube MY Asean. Akun tersebut mengganti lirik asli dengan kata-kata melecehkan, membuat warganet Indonesia mengamuk.

Pemilik asli video dari akun MY Asean menulis judul ‘Indonesia Raya Instrumental (Parody + Lyrics Video)’ menambahkan lokasi video di Malaysia. Dan kini video itu sudah diturunkan. Menanggapi hal itu, kedua negara sepakat untuk mengusut tuntas masalah ini.

Dalam pernyataan resmi Kedutaan Besar Malaysia, Minggu (27/12), Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta telah menelusuri video yang diduga menghina Indonesia, yang disebut-sebut diunggah dari Malaysia. Kedutaan ingin menekankan bahwa pihak berwenang Malaysia sedang menyelidiki masalah tersebut.

Baca Juga :  Pelaku Parodi Lagu Indonesia Raya Akhirnya Ditangkap

“Jika ternyata video itu diunggah oleh warga negara Malaysia, tindakan tegas akan diambil berdasarkan hukum yang ada,” bunyi pernyataan Kedubes Malaysia.

Masyarakat Indonesia saat ini sudah terlanjur marah dan terpancing dengan adanya parodi lagu tersebut. Oleh karena itu, pemerintah Malaysia mengecam keras setiap provokasi negatif yang dimaksudkan untuk memengaruhi hubungan bilateral antara Malaysia dan Indonesia.

Baca Juga :  Enggan Hadiri Pelantikan Biden, Trump Berniat Terbang ke Skotlandia

Di pihak Indonesia, Kementerian Luar Negeri juga sudah sepakat dengan otoritas Malaysia untuk mengusut tuntas hal ini. Kepada KalbarOnline.com, Senin (28/12), Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah menegaskan KBRI dan Kemenlu sudah melakukan komunikasi dengan pemerintah dan otoritas terkait di Malaysia atas kejadian ini.

“Selanjutnya pemerintah Malaysia sudah mengambil tindakan atas apa yang Indonesia sampaikan,” pungkasnya.

Comment