Ketemu Pemulung di Bantaran Ciliwung, Risma Janji Carikan Rumah

KalbarOnline.com – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini tidak menghilangkan gaya blusukannya. Sebelum berangkat ke kantor, Risma berhenti di kawasan aliran Sungai Ciliwung, tepat berada di belakang kantor Kementerian Sosial (Kemensos).

Pada kesempatan tersebut, tepatnya di Fly Over Pramuka, Jalan Pramuka Sari II, Risma bercakap-cakap dengan seorang pemulung dengan gerobaknya yang bersiap melakukan rutinitas pagi bersama istrinya. Risma menanyakan berbagai hal kepada pasangan suami-istri.

Hasil dialog itu, Risma mengetahui mereka mendapatkan hasil Rp 800 ribu perbulan. Sebagian dari penghasilan tersebut dikirimkan untuk anak mereka di kampung.

Baca Juga :  Sri Mulyani Beber Syarat Penerima Vaksin yang Dibiayai Pemerintah

Kemudian Risma mengajak pasangan pemulung itu untuk mau mengubah kualitas hidupnya menjadi lebih baik. “Bapak-ibu saya carikan rumah, jadi nggak perlu ada biaya ngontrak. Tetap cari sampah seperti ini. Nanti sampah dari Kementerian Sosial bisa untuk Bapak. Sambil saya ajari usaha. Masa mau terus kaya gini? Ya, mau ya,” bujuk Risma dalam keterangannya, Senin (28/12).

Setelah berbincang sekitar 30 menit, Risma dan rombongan terus bergerak. Setelah tadi di atas jembatan, kali ini Risma memilih turun ke bawah jembatan. Ia bahkan rela memanjat tangga kayu seadanya yang sengaja dipasang warga setempat.

Baca Juga :  DPR Minta Tidak Ada Spekulasi Soal Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air

Persis di kolong jembatan, Risma menyaksikan beberapa keluarga yang sengaja tinggal di sana. Risma kemudian menyusuri bantaran kali sambil menyapa satu persatu penghuni bantaran kali ini.

Risma lantas menyampaikan keinginannya untuk mengubah nasib mereka. “Bapak-Ibu, saya hanya ingin panjengan (Anda) tinggal di tempat yang lebih baik. Ayo Pak, mau ya Pak,” bujuk Risma.

Gaya blusukan yang dilakukan Mensos Risma dimaksudkan untuk memotret langsung titik permasalahan. Hal ini kerap dilakukan Risma saat menjabat sebagai Wali Kota Surabaya.

Comment