Kemlu RI Pastikan 79 Kontainer Limbah Beracun Dikembalikan ke Negara Asal Sampai Akhir Januari  2021

KalbarOnline.com – Pemerintah Indonesia kembali menolak pengiriman Bahan-bahan dan Beracun (B3) dari negara-negara lain. Dalam waktu dekat Indonesia akan melakukan reekspor 79 kontainer impor bahan baku industri yang mengandung limbah B3.

Seluruh kontainer tersebut berasal dari negara Inggris, Amerika Serikat, Selandia dan Australia. “Sesuai dengan Basel Convention (on the Control of the Transboundary Movements of Hazardous Wastes and their Disposal), impor lintas negara yang berisi limbah B3 tidak diperkenankan, sehingga Pemerintah Indonesia harus mengembalikannya kepada negara pengirim,” tegas Direktur Jenderal Amerika dan Eropa, Dubes Ngurah Swajaya seperti dikutip dari laman Kemlu, Senin (28/12/2020).

Proses verifikasi setiap kontainer yang masuk sudah dilakukan secara lintas Kementerian dan Lembaga di Indonesia, diantaranya oleh Kementerian LHK, Kemendag, Kemenperin, Kemenkeu, Polri dan Kemlu.

Baca Juga :  Coblos Bareng Keluarga, Benyamin-Pilar Optimistis Menang Pilkada Tangsel

Di sisi lain, Kementerian LHK sebagai kembaga penjuru konvensi Basel, juga mengadakan komunikasi dengan national focal point konvensi di tiap negara impor, kecuali AS yang bukan negara pihak Konvensi Basel.

Baca Juga :  Udara Jakarta Membaik karena Warga Kerja dari Rumah

Ke-79 kontainer yang akan direekspor ini adalah bagian dari total 107 kontainer yang sedang disita Pemerintah Indonesia karena mengandung limbah B3. Adapun untuk 28 kontainer lain harus melalui pemeriksaan ulang.

Sebelumnya, pemanggilan ke-4 Kedubes asing di Jakarta oleh Kementerian Luar Negeri RI secara virtual ditanggapi secara positif oleh ke-4 Perwakilan Kedubes asing yang berjanji untuk bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia dalam reekspor kontainer-kontainer berisi limbah B3 tersebut. [ind]

Comment