Ulama Aceh Haramkan Gim Online Higgs Domino Island, Dianggap Mengandung Unsur Judi

KalbarOnline.com – Sejumlah ulama yang tergabung dalam Forum Konferensi Wilayah ke-14 Nahdlatul Ulama Provinsi Aceh mengharamkan judi yang dimainkan melalui gim secara daring (online) seperti Higgs Domino Island yang kini marak dimainkan oleh pengguna smartphone.

Permainan Higgs Domino Island adalah game poker populer di Indonesia. Dibuat oleh developer lokal beralamat di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Game ini memiliki fitur pilihan permainan seperti Domino gaple, Qiu Qiu, Texas Poker, Slot Dou fu Cai, Fafa, dan Dragon.

”Game Higgs Domino Island diharamkan karena mengandung praktik perjudian,” kata Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Aceh Teungku Faisal Ali di Banda Aceh, dilansir dari Antara (27/12/2020).

Keputusan tersebut dihasilkan melalui Rapat Komisi Bahsul Masail Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Aceh yang mengambil tema status hukum terhadap gim daring Higgs Domino Island atau sering disebut gim chip.

Baca Juga :  Update Data Kerusakan Akibat Dua Kali Gempa di Sukabumi

Sesuai hasil dalam forum tersebut, kata Teungku Faisal Ali, bagi gim daring yang tidak mengandung unsur perjudian juga haram hukumnya, jika dapat menimbulkan kemudharatan (sisi buruk) baik pada fisik maupun mental para pemainnya.

Selain itu, gim yang dimainkan secara daring melalui telpon pintar atau perangkat elektronik, juga dinyatakan haram jika mengandung unsur kekerasan dan menimbulkan kemaksiatan, serta melecehkan simbol-simbol Islam.

Pada kesempatan ini, Forum Bahsul Masail PWNU Aceh juga merekomendasikan kepada Pemerintah Aceh agar memblokir semua situs-situs perjudian daring dan gim yang memenuhi kriteria haram.

“Mendesak pemerintah agar segera mengeluarkan regulasi tentang pelarangan situs-situs perjudian online (daring), dan menertibkan pihak-pihak yang menyediakan layanan gim chip daring,” kata Teungku Faisal Ali.

Baca Juga :  Ancang-ancang Risma di Kemensos, Libatkan PT Reliasasikan Program di Lapangan

Selain itu, ulama juga meminta kepada setiap kalangan orang tua di Aceh diharapkan agar memberi perhatian dan pengawasan yang serius kepada anak-anak untuk terhindar dari penggunaan gim daring.

Dalam merumuskan keputusan haramnya gim daring tersebut, rapat Komisi Bahsul Masail dihadiri oleh tim Bahsul Masail PWNU Aceh, Lembaga Bahsul Masail Ma’hadal Ulum Diniyyah Islamiyah (MUDI) Samalanga, dan ahli teknologi informatika dari Banda Aceh.

Dilihat dari komentar di Aplikasi tersebut, banyak pengguna mengaku kecewa karena Game ini banyak menghabiskan uang pengguna. Disinyalir game ini sudah di sett by sistem untuk memancing pengguna menang di awal dan peluang kalah lebih dominan.

Banyak komentar pengguna yang merasa dikecewakan dan menganggap sebagai penipuan oleh Developer pembuat aplikasi Higgs Domino Island. [rif]

Comment