Melihat Eks Juara Dibantai di Depan Mata, Wasit Stop Duel pada Ronde 1

KalbarOnline.com-Akhir karier mantan juara kelas menengah WBC Continental Americas James Kirkland tampaknya sudah mendekati akhir.

Pada pertarungan di Microsoft Theater, Los Angeles, California hari ini (27/12) WIB, Kirkland dihancurkan Juan Macias Montiel. Dijadwalkan bertarung dalam 10 ronde, Kirkland sudah kalah KO ketika ronde pertama baru berjalan 1 menit dan 56 detik.

Sebelum diputuskan kalah KO, Kirkland dihajar brutal dan sudah tumbang tiga kali pada ronde pertama. Tampaknya, reputasi Kirkland sebagai petinju dengan power besar dan kerap menang KO atas lawan-lawannya sudah terkikis habis.

Baca Juga: Tampil Sangat Cerdas, Resmi Jadi Penguasa 4 Juara Dunia di 4 Divisi

Saat ronde pertama baru berjalan 30 detik, sebuah pukulan hook kiri dari Montiel membuat Kirkland jatuh. Kirkland bisa bangkit. Namun, dua upercut kiri dari Montiel kembali membikin petinju Amerika Serikat berusia 36 tahun itu mencium kanvas.

Baca Juga :  Mantan Juara Dunia Kembali, Hajar Brutal Lawan Hingga Tumbang Dua Kali

Kirkland tidak menyerah dan berusaha bangkit. Tetapi semangat besar saja tidak menolong. Dari berbagai macam sisi, dia sudah selesai.

Saat lawannya kepayahan, Montiel tak melepaskan momentum. Dia kembali menggebuk Kirkland dengan bertubi-tubi. Sebuah kombinasi upercut kiri dan kanan dari Montiel membuat Kirkland jatuh untuk kali ketiga.

Melihat pembantaian di depan mata, wasit Jerry Cantu akhirnya menghentikan pertarungan dan memberikan kemenangan KO ronde pertama kepada Montiel.

Dalam ronde pertama itu, Montiel yang asal Meksiko tersebut melancarkan 16 pukulan. Di sisi lain, Kirkland cuma melancarkan satu pukulan saja. Jadi, benar-benar dibantai.

Kirkland sejatinya nama yang sangat diperhitungkan di dunia tinju kelas menengah dunia. Dia sempat menjadi juara WBC Continental Americas dengan mengalahkan Alfredo Angulo pada 5 November 2011.

Baca Juga :  Pole Position, Jatuh di Lap Pertama, Nakagami: Kesalahan Saya Bodoh

Kirkland sempat berusaha naik kelas dengan melawan salah seorang petinju terbaik dunia saat ini, Saul Canelo Alvarez pada 9 Mei 2015. Tetapi pertarungan itu tidak berjalan mulus. Dia kalah KO saat pertandingan baru berjalan tiga ronde.

Kekalahan itu begitu menyakitkan. Dampaknya, Kirkland sempat vakum selama empat tahun dan baru kembali ke ring pada 24 Agustus 2019.

Hasilnya, Kirkland menang dua kali melawan dua petinju Amerika Serikat Colby Courter dan Jas Phipps. Kirkland menghabisi perlawanan dua petinju itu dengan kemenangan KO pada ronde pertama dan kedua.

Walau menjanjikan, tetapi kekalahan melawan Montiel hari ini membuat banyak orang ragu Kirkland bisa bangkit dan menjadi petinju kelas menengah elite dunia lagi. “Agaknya karier James Kirkland sebagai petinju profesional sudah tamat,” tulis USA Today.

Comment