Kaleidoskop September-Oktober 2020

14 SEPTEMBER: Terpidana Mati Chang Pan Kabur dari Lapas

BUNUH DIRI SETELAH BURON: Cai Changpan alias Cai Ji Fan (kanan). Gorong-gorong tempat Cai Changpan melarikan diri yang berada di samping Lapas Kelas I Tangerang (kiri). (LAPAS KELAS 1 TANGERANG FOR JAWA POS-RENDY SETIAWAN/TANGERANG EKSPRES)

23 SEPTEMBER: Saudi Buka Umrah

Kaleidoskop September-Oktober 2020 2
JAGA JARAK: Pelaksanaan tawaf dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Layanan visa umrah yang dibuka akhir Oktober lalu saat ini ditutup kembali. (DOKUMENTASI AMPHURRI)

Arab Saudi kembali membuka penyelenggaraan ibadah umrah. Pembukaan dilakukan dalam dua tahap. Pada dua tahap itu, umrah hanya diperuntukkan bagi warga Saudi dan ekspatriat yang tinggal di sana.

24 SEPTEMBER: Bedol Desa Pegawai KPK

Kaleidoskop September-Oktober 2020 3
BERJUANG DARI LUAR: Febri Diansyah saat mengumumkan melepas jabatan sebagai juru bicara KPK (26/12/2019). (MUHAMAD ALI/JAWA POS)

Jubir KPK Febri Diansyah mundur dari KPK. Febri menyusul belasan pegawai yang telah mundur sebagai pegawai di lembaga antirasuah tersebut. Mundurnya pegawai KPK dimulai sejak UU KPK yang mengebiri independensi disahkan.

28 SEPTEMBER: Polri Tak Keluarkan Izin Liga 1

Kaleidoskop September-Oktober 2020 4
LIGA 1 (ANGGER BONDAN/JAWA POS)

30 SEPTEMBER: Trump-Biden Saling Hina dalam Debat

Kaleidoskop September-Oktober 2020 5
ADU ARGUMEN: Joe Biden (kiri) dan Donald Trump berhadapan dalam debat terakhir di Belmont University, Nashville, Kamis (22/10) lalu. (IN BOURG/POOL VIA AP)

Debat perdana pilpres AS antara Donald Trump dan Joe Biden berlangsung panas. Keduanya saling serang urusan personal. Trump juga kerap menyela Biden dan moderator Chris Wallace yang memimpin debat tersebut.

Baca Juga :  Dilanda Pandemi, Dunia Tak Diam, Vaksin Covid-19 yang Manjur Ditemukan

1 OKTOBER: Uji Coba Vaksin Sinovac Diklaim Sukses

Kaleidoskop September-Oktober 2020 6
Vaksin Covid (Reuters)

Uji klinis tahap ketiga vaksin Sinovac di Bandung diklaim berjalan mulus. Dalam satu bulan proses uji klinis, belum ada laporan kejadian serius akibat vaksin. Kendati begitu, pengawasan ketat terhadap relawan tetap dilakukan.

8 OKTOBER: Demo UU Cipta Kerja

Kaleidoskop September-Oktober 2020 7
Halte Tranjakarta Bunderan HI dibakar massa saat aksi menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja di Kawasan Bundaran HI Jakarta, Kamis (8/10/2020). (Dery Ridwansaha/ KalbarOnline.com)

Aksi menolak UU Cipta Kerja semakin besar setelah sebelumnya digelar selama tiga hari. Bahkan, bentrokan kembali terjadi antara pendemo dan aparat. Banyak fasilitas umum dibakar. Salah satunya, halte busway yang baru dibangun di Bundaran HI. Dalam perkembangannya, Polri menangkap 3.962 demonstran. Demo tersebut menyikapi pengesahan RUU itu pada 5 Oktober.

Baca Juga :  10.678 Kasus Sembuh Covid-19 Sehari, Positivity Rate Masih Tinggi!

18 OKTOBER: Masjidilharam Dibuka setelah 7 Bulan Ditutup

Kaleidoskop September-Oktober 2020 8
Jamaah umrah sedang tawaf di Masjidillaharam. (BANDAR AL DANDANI/AFP)

Masjidilharam mulai dibuka untuk jamaah salat wajib setelah 7 bulan distop untuk umum akibat pandemi Covid-19. Pembukaan dimulai dengan pelaksanaan salat Subuh berjamaah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment