Kaleidoskop November-Desember 2020

5 NOVEMBER: Merapi Bergeliat

SANGAT AKTIF: Seorang petani berjalan dengan latar belakang Gunung Merapi di Sleman, Kamis (5/11). (SLAMET RIYADI/AP PHOTO)

Aktivitas vulkanis Gunung Merapi meningkat. Statusnya dinaikkan menjadi siaga. Sejumlah persiapan dilakukan pemerintah setempat untuk evakuasi warga.

8 NOVEMBER: Biden-Harris Menang Pilpres AS

Kaleidoskop November-Desember 2020 2
Joe Biden dan Kamala Harris saat memberikan pidato kemenangan (CAROLYN KASTER/AP PHOHO)

Joe Biden dan Kamala Harris mendeklarasikan kemenangan dalam pilpres AS. Raihan suara elektoral mereka sudah melebihi batas minimal yang ditetapkan (270) dan mengungguli kandidat lain, Donald Trump.

9 NOVEMBER: Rizieq Syihab Pulang

Kaleidoskop November-Desember 2020 3
TERJERAT KERUMUNAN: Rizieq Shihab tiba di Polda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan Sabtu (12/12). Itu adalah kehadirannya yang pertama setelah dua kali panggilan polisi untuk tidak dihadirinya. (SALMAN TOYIBI/JAWA POS)

Pemimpin FPI Rizieq Syihab pulang ke Indonesia setelah tiga tahun berada di Arab Saudi. Kepulangannya mendapat sorotan karena mengakibatkan kerumunan. Dalam perkembangannya, Rizieq menjadi salah satu tersangka kasus kerumunan di Petamburan dan ditahan. Selain itu, ada kejadian penembakan laskar FPI di tol Cikampek (7 Desember). Enam orang meninggal. Kasus tersebut tengah diselidiki karena ada dugaan pelanggaran HAM.

Baca Juga :  Libur Imlek, Arus Keluar Jakarta Padat

25 NOVEMBER & 5 DESEMBER: Dua Menteri Kena OTT KPK

Kaleidoskop November-Desember 2020 4
Eks Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo berjalan menuju ruang konferensi pers usai menjalani pemeriksaan terkait kasus dugaan korupsi ekspor benih lobster di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (26/11/2020) dini hari. (Dery Ridwasah/ KalbarOnline.com)

5 DESEMBER: Perempuan Tanah Jahanam Borong Enam Piala Citra FFI

Kaleidoskop November-Desember 2020 5
CATAT SEJARAH: Salah satu adegan dalam Perempuan Tanah Jahanam. Film ini meraup 17 nominasi FFI 2020, terbanyak sepanjang sejarah. (BASE Entertainment for JAWA POS)

6 DESEMBER: 1,2 Juta Dosis Vaksin Sinovac Tiba di RI

Kaleidoskop November-Desember 2020 6
Proses pemindahan kontainer berisi vaksin COVID-19 saat tiba di Kantor Pusat Bio Farma, Bandung Jawa Barat, Senin (7/12/2020). Vaksin COVID-19 produksi perusahaan farmasi Sinovac, China tersebut disimpan dalam ruangan pendingin dengan suhu 2-8 derajat celcius, selanjutnya akan dilakukan pengambilan sampel untuk pengujian mutu oleh tim dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Bio Farma. (MUCHLIS Jr. / BPMI SETPRES)

9 DESEMBER: Pilkada Serentak

Kaleidoskop November-Desember 2020 7
PEMENANG VERSI QUICK COUNT: Bobby Nasution-Aulia Rachman (kiri), Gibran Rakabuming Raka (Kanan). (TIMSES BOBBY-AULIA FOR JAWAPOS.COM – DAMIANUS BRAM/JAWA POS RADAR SOLO)

Pilkada serentak 2020 terselenggara di 269 daerah. Selain diwarnai terpilihnya beberapa calon berusia muda, hasil pilkada menunjukkan kuatnya politik kekerabatan. Contohnya, terpilihnya anak dan menantu Presiden Joko Widodo, Gibran di Solo dan Bobby di Medan.

Baca Juga :  Kaleidoskop 2020: KPK OTT Komisioner KPU Hingga Pejabat Kemensos

22 DESEMBER: Reshuffle Kabinet

Kaleidoskop November-Desember 2020 8
EMBAN AMANAH: Seremoni pelantikan enam menteri dan lima menteri baru yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/12). (BPMI SETPRES)

Presiden Jokowi mengumumkan enam menteri baru. Di antaranya, Mensos Tri Rismaharini, Menparekraf Sandiaga Uno, dan Menkes Budi Gunadi Sadikin. Selain itu, presiden menunjuk lima wakil menteri.

25 DESEMBER: Maradona Kembali ke Tangan Tuhan

Kaleidoskop November-Desember 2020 9
NAMAMU ABADI: Selebrasi Diego Maradona setelah menghantarkan Argentina menjuarai Piala Dunia 1986 di Stadion Azteca, Mexico City. (STAFF/AFP)

Diego Maradona meninggal dunia. Legenda sepak bola dunia yang dikenal dengan gol tangan Tuhan-nya itu mengalami gagal jantung kronis.

Comment