Kaleidoskop 2020, Maret-April 2020

2 MARET: Pasien Covid-19 Pertama di Indonesia

PARA PENYINTAS: Tiga pasien positif Covid-19 dengan identitas kasus 01, 02, dan 03 yang telah dinyatakan sembuh memberikan keterangan RSPI Sulianti Saroso Jakarta, Senin (16/3). (JAWAPOS/HO/HUMAS KEMENKES)

Pemerintah mengonfirmasi kasus pertama Covid-19 di Indonesia. Presiden Jokowi mengumumkan dua orang Indonesia positif terjangkit virus korona, yakni perempuan 31 tahun dan ibu 64 tahun. Mereka diduga tertular dari seorang warga Jepang.

14 MARET: PSSI Menghentikan Kompetisi Liga 1 dan Liga 2

Kaleidoskop 2020, Maret-April 2020 2
LIGA 1 (ANGGER BONDAN/JAWA POS)

20 MARET: Masjidilharam Ditutup

Kaleidoskop 2020, Maret-April 2020 3
TETAP JAGA JARAK: Pemerintah mengizinkan sejumlah orang untuk salat berjamaah di Masjidilharam. (STR/AFP)

Pemerintah Arab Saudi melarang jamaah masuk dan beribadah di Masjidilharam di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah untuk mencegah penularan Covid-19. Sebelumnya, Saudi menutup seluruh masjid, tetapi dua situs suci umat Islam tersebut mendapat pengecualian. Mereka juga telah menutup bioskop, pusat perbelanjaan, restoran, membatasi penerbangan, dan menghentikan izin umrah selama setahun penuh.

2 APRIL: Larangan WNA Masuk Indonesia Diberlakukan

7 APRIL: Menkes Akhirnya Berlakukan PSBB di Jakarta

Kaleidoskop 2020, Maret-April 2020 4
JAGA JARAK PENUMPANG: Petugas memeriksa pengendara mobil dan motor saat kegiatan check point pengawasan pelaksanaan PSBB di Jalan Raya Bogor yang menjadi perbatasan Depok dengan Jakarta, Jumat (10/4). (MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS)

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menetapkan status pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk wilayah DKI Jakarta untuk mempercepat penanganan Covid-19. Keputusan itu ditindaklanjuti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan menerapkan PSBB mulai 10 April.

8 APRIL: Glenn Fredly Berpulang

Kaleidoskop 2020, Maret-April 2020 5
Istri Glenn Fredly, Mutia Ayu saat berdoa saat prosesi pemakaman jenazah Glenn Fredly di TPU Tanah Kusir, Jakarta, Kamis (09/04/2020).(Imam Husein/Jawa Pos)

Glenn Fredly meninggal dunia di usia 44 tahun. Musisi yang dikenal dengan lagu-lagu romantis dengan syair mengiris hati itu menderita meningitis atau radang selaput otak. Glenn juga dikenal sebagai musisi yang peduli lingkungan dan hak asasi manusia.

Saksikan video menarik berikut ini:

BACA JUGA:  Kaleidoskop November-Desember 2020

Comment