Kaleidoskop 2020, Maret-April 2020

2 MARET: Pasien Covid-19 Pertama di Indonesia

PARA PENYINTAS: Tiga pasien positif Covid-19 dengan identitas kasus 01, 02, dan 03 yang telah dinyatakan sembuh memberikan keterangan RSPI Sulianti Saroso Jakarta, Senin (16/3). (JAWAPOS/HO/HUMAS KEMENKES)

Pemerintah mengonfirmasi kasus pertama Covid-19 di Indonesia. Presiden Jokowi mengumumkan dua orang Indonesia positif terjangkit virus korona, yakni perempuan 31 tahun dan ibu 64 tahun. Mereka diduga tertular dari seorang warga Jepang.

14 MARET: PSSI Menghentikan Kompetisi Liga 1 dan Liga 2

Kaleidoskop 2020, Maret-April 2020 2
LIGA 1 (ANGGER BONDAN/JAWA POS)

20 MARET: Masjidilharam Ditutup

Kaleidoskop 2020, Maret-April 2020 3
TETAP JAGA JARAK: Pemerintah mengizinkan sejumlah orang untuk salat berjamaah di Masjidilharam. (STR/AFP)

Pemerintah Arab Saudi melarang jamaah masuk dan beribadah di Masjidilharam di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah untuk mencegah penularan Covid-19. Sebelumnya, Saudi menutup seluruh masjid, tetapi dua situs suci umat Islam tersebut mendapat pengecualian. Mereka juga telah menutup bioskop, pusat perbelanjaan, restoran, membatasi penerbangan, dan menghentikan izin umrah selama setahun penuh.

Baca Juga :  Gara-gara Virus Corona, 18 Ribu Jemaah Umrah Sulsel Tertunda

2 APRIL: Larangan WNA Masuk Indonesia Diberlakukan

7 APRIL: Menkes Akhirnya Berlakukan PSBB di Jakarta

Kaleidoskop 2020, Maret-April 2020 4
JAGA JARAK PENUMPANG: Petugas memeriksa pengendara mobil dan motor saat kegiatan check point pengawasan pelaksanaan PSBB di Jalan Raya Bogor yang menjadi perbatasan Depok dengan Jakarta, Jumat (10/4). (MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS)

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menetapkan status pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk wilayah DKI Jakarta untuk mempercepat penanganan Covid-19. Keputusan itu ditindaklanjuti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan menerapkan PSBB mulai 10 April.

Baca Juga :  Kaleidoskop 2020: Bencana Alam dan Isu Tsunami saat Pandemi Covid-19

8 APRIL: Glenn Fredly Berpulang

Kaleidoskop 2020, Maret-April 2020 5
Istri Glenn Fredly, Mutia Ayu saat berdoa saat prosesi pemakaman jenazah Glenn Fredly di TPU Tanah Kusir, Jakarta, Kamis (09/04/2020).(Imam Husein/Jawa Pos)

Glenn Fredly meninggal dunia di usia 44 tahun. Musisi yang dikenal dengan lagu-lagu romantis dengan syair mengiris hati itu menderita meningitis atau radang selaput otak. Glenn juga dikenal sebagai musisi yang peduli lingkungan dan hak asasi manusia.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment