Menkes: Rayakan Natal dengan Sehat, Tetap Tinggal di Rumah

KalbarOnline.com – Menteri Kesehatan (Menkes) Bunadi Gunadi Sadikin meminta masyarakat untuk tetap tinggal di rumah melewati libur panjang Natal dan Tahun Baru. Hal ini semata dilakukan untuk mencegah peningkatan kasus positif Covid-19.

’’Di masa liburan panjang seperti ini. Saya ingin mengucapkan selamat Natal bagi rekan-rekan yang merayakannya. Tolong pastikan bahwa hari besar ini kita jalani dengan damai dan sehat,’’ kata Budi Gunadi dalam diskusi bertajuk Langkah Antisipatif Menghadapi Lonjakan Kasus Covid-19, Jumat (25/12).

Budi meminta masyarakat untuk merayakan Natal dengan sehat dan tetap tinggal di rumah. Dia pun meminta jika harus terpaksa keluar rumah, selalu disiplin 3M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer. ’’Jangan lupa usahakan untuk tinggal di rumah dan terus pastikan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,’’ ujar Budi.

Budi tak menginginkan adanya lonjakan kasus positif Covid-19 usai libur Natal dan Tahun Baru. Karena belakangan, jika terdapat suasana libur panjang berpotensi terjadinya peningkatan kasus. ’’Ini yang harus kita lakukan terus untuk mencegah, jangan sampai nanti sesudah liburan yang indah ini kita bersama keluarga, kemudian ada dari keluarga kita yang terkena,’’ ucap Budi.

Sementara itu, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menyampaikan, protokol kesehatan adalah kunci menghadapi libur panjang. Dia mengamini, apa yang disampaikan  Budi Gunadi hal yang tepat agar tidak terjadinya lonjakan kasus Covid-19. ’’Apa yang disampaikaan pak menteri tadi kesiapan kita menghadapi liburan ini adalah itu (protokol kesehatan, Red) salah satu kuncinya dalam menanggulangi lonjakan kasus,’’ tuturnya.

Dante menyebut, lonjakan kasus Covid-19 tidak bisa dihindari usai libur Natal dan Tahun Baru jika masyarakat tidak mematuhi protokol kesehatan. Tapi dia mengharapkan agar lonjakan kasus tidak meningkat. ’’Mungkin lonjakan kasus tidak bisa dihindari, pasti akan ada. Tapi yang paling penting dari lonjakan kaus itu adalah angka kematian tidak boleh meningkat,’’ ucap Dante. (*)

BACA JUGA:  Pandemi Korona, Omset Desainer Samuel Wongso Menurun Hingga 85 Persen

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment