Gelaran Piala Dunia U-20 tahun 2021 di Indonesia Ditunda Gegara Pandemi

KalbarOnline.com – Harapan Indonesia untuk menggelar perhelatan Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang harus tertunda. FIFA memutuskan untuk meniadakan gelaran tersebut di tahun 2021.

Keputusan FIFA ini dicantumkan oleh otoritas tertinggi sepak bola dunia tersebut dalam laman resminya. Mereka menyebut bahwa ditundanya gelaran ini tak lepas dari pandemi Covid-19, yang belum lagi mereda.

“Sebagai buah dari pandemi Covid-19, Biro dari Dewan FIFA telah memutuskan untuk membatalkan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 dan Piala Dunia U-21, yang rencananya akan dihelat pada 2021,” tulis FIFA dilansir dari laman resmi mereka Jumat (23/12/2020).

Meski demikian, FIFA tetap menunjuk Indonesia dan Peru menjadi tuan rumah untuk ajang yang sama tetapi digelar pada tahun 2023.

Baca Juga :  Eks Menteri SBY Semprot Risma Terkait Candaan Soal Corona

“FIFA sudah berkonsultasi dengan sejumlah pemangku kepentingan, termasuk federasi di negara penyelenggara. Dari konsultasi tersebut, dipastikan bahwa kondisi global saat ini sulit untuk kembali normal, paling tidak dalam level yang memadahi dalam menyelenggarakan kedua turnamen tersebut,” papar FIFA.

Menanggapi keputusan tersebut, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengapresiasi dan menghormati keputusan FIFA, mengingat kelancaran acara serta keselamatan dan keamanan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-20 adalah prioritas utama.

“Sebetulnya seluruh persiapan terkait penyelenggaraan dan menyambut Piala Dunia U-20 Indonesia tahun 2021 sudah kami lakukan dengan maksimal dan matang. PSSI menghormati dan mendukung keputusan FIFA untuk membatalkan Piala Dunia U-20 FIFA pada tahun 2021. Bersama dengan FIFA, INAFOC, dan kota-kota tuan rumah di seluruh Indonesia, PSSI berharap dapat bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan untuk menyelenggarakan turnamen edisi berikutnya pada tahun 2023,”kata Iriawan.

Baca Juga :  Puan Jawab Penasaran Publik, Akui Matikan Mik Politikus Demokrat saat Rapat

Iriawan pun berharap dengan pembatalan ini, Timnas Indonesia bisa memanfaatkan waktu untuk mematangkan persiapan sebelum bertanding di turnamen 2023 mendatang.

“Menyusul pembatalan Piala Dunia U-20 FIFA pada 2021, Timnas yang akan kita persiapkan nantinya, dapat memanfaatkan waktu tambahan dan melanjutkan program untuk persiapan Piala Dunia U-20 FIFA pada 2023. Saya berharap semoga persiapannya bisa lebih menyeluruh, matang, dan nanti bisa menjadi juara,” tambah Iriawan. [rif]

Comment