Semangat Korup Selalu Ada, Mahfud MD Tegaskan Satgas Saber Pungli Tetap Diperlukan

KalbarOnline.com – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Moh. Mahfud MD menegaskan bahwa Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) dibutuhkan, mengingat semangat untuk korup masih selalu ada. Akan tetapi, Satgas Saber Pungli tidak memiliki kewenangan pro yustisia karena hal itu sudah ada di Kepolisian dan Kejaksaan.

“Karena semangat untuk korup itu selalu ada, maka Saber Pungli ini tetap diperlukan. Saber Pungli tidak punya wewenang pro yustisia, kalau ada yang sifatnya pro yustisia serahkan ke polisi dan Kejaksaan,” kata Mahfud Md, kemarin.

Mahfud Md mengatakan, Saber Pungli ini sifatnya pencegahan dan tindakan administratif, sehingga jika ada hukumnya maka di masukkan ke polisi agar tidak ada tumpang tindih. Selain itu, Saber Pungli juga tidak ada wewenang untuk melakukan pemanggilan karena tidak punya pro yustisia.

Baca Juga :  Viral Video Ormas Bentrok di Apartemen City Park Cengkareng, Diduga Imbas Konflik P3RS dan Pengelola

“Sekarang kita harus makin lebih kreatif, karena sekarang pungutan langsung sudah sangat berkurang. Sekarang sudah pakai top up untuk kita bayar tol atau parkir, di RS juga kalau mau daftar harus pencet tombol dan ada nomor daftarnya. Oleh sebab itu kepada tim Saber Pungli supaya mencari cara-cara baru untuk mencegah pungli karena cara-cara langsung sudah tidak ada lagi sekarang,” kata Mahfud Md.

Baca Juga :  Jokowi Bangga dan Apresiasi Dua Ilmuwan Perempuan Ini Diakui di Pentas Internasional

Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli, Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan beberapa indikator keberhasilan kota tanpa pungli adalah tersedianya sistem teknologi yang mendukung kebijakan model kota tanpa pungli, terwujudnya kebijakan nasional tentang implementasi model kota tanpa pungli, dan terbangunnya mindset aparatur negara dan masyarakat dengan prinsip zero pungli dengan tetap mengutamakan pelayanan prima sehingga terwujud model kota tanpa pungli sebagai pertanggungjawaban publik.

“Saya selaku Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli selalu mengingatkan agar menghindari perbuatan tercela utamanya melakukan pungutan liar pada setiap pelayanan maupun perijinan di semua sektor pelayanan publik,” kata Agung. [ind]

Comment