by

Mums, Yuk Selalu Percaya Diri Selama Menyusui

Selain nutrisi yang optimal, keyakinan serta rasa percaya diri menjadi kunci penting dalam kesuksesan menyusui. Sayangnya, rasa percaya diri tersebut tidak datang dengan mudah, terlebih bagi para ibu baru.

Minimnya pengalaman, rasa lelah karena kurang tidur, dan khawatir melakukan kesalahan dalam merawat bayi menjadi beberapa faktor yang membuat ibu menjadi semakin tidak percaya diri. Apabila hal ini dibiarkan, rasa stres lama kelamaan akan muncul dan tentu saja akan berpengaruh pada produksi ASI. Lantas, bagaimana sih cara mengurangi stres dan meningkatkan rasa percaya diri Mums ketika menyusui? Yuk, cari tahu caranya!

Baca juga: Mums, Sudah Tahu Persiapan dan Jadwal Menyusui Bayi Baru Lahir?

Meningkatkan Rasa Percaya Diri Mums Selama Menyusui

Bagi setiap ibu, menyusui tentu memiliki tantangannya masing-masing. Akan tetapi, jangan jadikan hal tersebut sebagai suatu hambatan bagi Mums dalam memberikan nutrisi terbaik untuk si Kecil. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa Mums lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri selama menyusui.

  1. Menyusui sesering mungkin

Cara kerja produksi ASI sebenarnya bergantung pada permintaan dan penawaran. Jika tubuh Mums mengetahui bahwa si Kecil membutuhkan ASI dalam jumlah banyak, maka tubuh Mums akan memproduksinya dalam jumlah banyak.

Kekhawatiran biasanya muncul ketika Mums melalui fase cluster feeding atau growth spruth. Di fase-fase ini, Mums biasanya mulai merasa kurang percaya diri karena takut ASI yang dihasilkan tidak bisa mencukupi kebutuhan si Kecil. Namun, tenanglah Mums. Semua hal ini normal dan pasti akan dilalui oleh semua ibu di masa menyusui. Jadi, tidak perlu merasa khawatir.

  1. Mengedukasi diri

Ada banyak sekali mitos yang beredar mengenai aktivitas menyusui. Dan tentu saja, hal-hal tersebut tidak sepenuhnya perlu dipercaya. Salah-salah menerima informasi, bukannya jadi menambah ilmu, Mums justru menjadi khawatir dan ketakutan berlebihan.

BACA JUGA:  Mau Lebih Memahami Arti Tangisan Bayi? Belajar Dunstan Baby Language yuk, Mums!

Oleh karena itu, penting untuk mendapatkan informasi seputar menyusui dari sumber yang tepercaya, dan pastikan informasi tersebut berdasarkan ilmu sains, bukan sekadar kepercayaan leluhur.

  1. Hindari orang-orang yang berbicara negatif tentang proses menyusui Mums

Sebagai ibu baru, Mums cenderung lebih sensitif, bahkan mungkin lebih rentan dan emosional. Salah satu cara paling ampuh untuk merusak kepercayaan diri Mums saat ini adalah dengan bertemu dan mendengarkan omongan negatif dari orang lain tentang proses menyusui Mums.

Jadi, hindarilah orang-orang dengan kebiasaan seperti ini. Tidak perlu mendengarkan atau meresapi setiap tanggapan orang lain yang mengkritik posisi menyusui atau jumlah ASI yang Mums hasilkan. Bagaimanapun juga, Mums memiliki cerita masing-masing dalam proses menyusui.

  1. Dapatkan dukungan dari orang-orang terdekat

Cara terbaik untuk meningkatkan percaya diri Mums ketika menyusui adalah berkumpul dengan orang-orang yang mendukung Mums, entah itu suami, ibu, atau teman seperjuangan.

Penelitian bahkan menunjukkan sikap suami dapat berpengaruh secara langsung terhadap lamanya waktu ibu menyusui sang Bayi.

Ketika orang-orang mendukung Mums, mereka akan melakukan banyak hal untuk membantu dan memudahkan Mums saat menyusui. Mereka akan membawakan camilan dan memastikan posisi Mums nyaman saat menyusui.

Atau mereka juga akan mengerti ketika Mums tidak sempat mencuci pakaian atau piring karena hampir seharian mengurus dan menyusui si Kecil. Yang terpenting, mereka menyadari bahwa menyusui adalah hal terbaik yang dilakukan Mums dan juga si Kecil.

Baca juga: Inilah Kunci Agar Mums Gembira Menyusui!
  1. Pastikan Mums merasa nyaman ketika menyusui

Saat menyusui, sangat penting bagi Mums untuk merasa nyaman terlebih dulu. Mums dapat menggunakan bantal menyusui untuk membantu menopang bayi dan menempatkannya pada posisi yang nyaman. Perlu diketahui, posisi bayi juga dapat memengaruhi proses menyusui.

  1. Mintalah bantuan
BACA JUGA:  Pentingnya Asupan DHA saat Menyusui

Ketika Mums merasa kesulitan saat menyusui, jangan takut untuk meminta bantuan, baikh kepada dokter, bidan, maupun konselor. Berkonsultasi dengan para ahli ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan Mums dan membuat Mums tidak terlalu khawatir lagi. Jadi, Mums dapat merasa lebih bahagia sekaligus percaya diri selama menyusui.

  1. Jangan lupa untuk tetap bersantai

Menjadi seorang ibu memang tugas yang berat. Ditambah lagi kecemasan serta rasa lelah yang berlebihan bisa membuat proses menyusui terasa lebih sulit. Jadi, sesekali luangkan waktu untuk bersantai dan rileks. Yakinlah dengan kemampuan diri Mums dan ingatlah bahwa Mums bisa melakukannya dengan baik.

  1. Menutrisi tubuh secara optimal untuk kualitas ASI yang baik

Hal terakhir yang tidak kalah penting bagi Mums agar semakin percaya diri ketika menyusui adalah memastikan tubuh Mums memperoleh nutrisi secara optimal. Nutrisi yang optimal bisa mendukung kualitas dan kuantitas ASI. Salah satu upaya yang bisa Mums lakukan untuk menutrisi tubuh secara optimal adalah dengan mengonsumsi suplemen menyusui seperti HerbaAsimor.

HerbaAsimor - GueSehat

HerbaAsimor adalah suplemen herbal untuk membantu meningkatkan dan melancarkan ASI, serta memberikan nutrisi pada bayi. HerbaAsimor terbuat dari kombinasi fraksi Galatonol yang berasal dari ekstrak herbal katuk dan esktrak herbal torbangun, serta fraksi Sriatin yang berasal dari ekstrak ikan gabus. Semua bahan herbal ini sudah dikenal sejak lama dapat memperbanyak dan melancarkan ASI. Ketika produksi ASI Mums lancar, dijamin rasa percaya diri Mums selama menyusui juga akan semakin meningkat.

Untuk mendapatkan HerbaAsimor, Mums bisa memperolehnya di sini.

Menyusui memang bukan hal mudah. Namun, semoga dengan melakukan beberapa hal di atas, Mums jadi merasa lebih percaya diri ya untuk menyusui si Kecil. Semangat mengASIhi, Mums! (BAG/AS)

BACA JUGA:  Kaya akan Serat dan Air, Ini 7 Buah yang Baik untuk Menjaga Pencernaan Anak
Baca juga: Mau Sukses Menyusui? Ikuti 10 Panduan WHO Ini!

Referensi

Belly Belly. “Breastfeeding: 7 Tips For Keeping Your Confidence“.

Multicultural Motherhood. “6 Tips to Help You Breastfeed with Confidence“.

Product Knowledge of HerbaAsimor.

Comment

Terbaru