Categories: Nasional

Kemendagri: Risma Mensos, Otomatis Berhenti Jadi Wali Kota Surabaya

KalbarOnline.com – Sejak dilantik menjadi Menjadi Menteri Sosial (Mensos) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Tri Rismaharini alias Risma masih menjabat sebagai Wali Kota Surabaya. Hal ini pun memunculkan reaksi banyak pihak.

Saat dikonfirmasi, Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Akmal Malik mengatakan, sebenarnya saat dilantik Risma dilantik menjadi Mensos sudah otomatis diberhentikan menjadi Wali Kota Surabaya. ’’Ketika dilantik (Risma-Red) itu saudah langsung berhenti menjadi kepala daerah,’’ ujar Akmal kepada wartawan, Kamis (24/12).

Menurut Akmal, merujuk pada UU Nomor 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah pasal 76 h, memuat larangan bagi kepala daerah dan wakil kepala daerah untuk melakukan rangkap jabatan sebagai pejabat negara lainnya. ’’Karena UU yang melarang bukan kami (Kemendagri-Red) yang melarang,’’ katanya. Ucapan Akmal itu sekaligus menepis yang menyelimuti pengangakat Risma sebagai mensos di saat dirinya masih menjabat sebagai waki kota Surabaya.

Akmal mengatakan, jika Risma mengundurkan diri, otomatis yang menggantikannya adalah wakilnya yakni Whisnu Sakti Buana. Hal itu sejalan dengan UU Nomor 23/2004 Pasal 88 tentang Pemerintahan Daerah yang menyebutkan jika wali kota definitif belum dilantik maka wakil wali kota melaksanakan tugas sehari-hari. ’’Jadi jika kepala daerah berhalangan maka wakil kepala daerah yang melaksanakan tugas,’’ ungkapnya.

Sebelumnya, Mensos Tri Rismaharini menyebut dirinya masih merangkap jabatan sebagai Wali Kota Surabaya. Risma mengaku telah mendapatkan izin dari Presiden Jokowi untuk mengemban dua jabatan sekaligus.  ’’Mungkin karena masih merangkap Wali Kota untuk sementara waktu. Saya sudah izin ke presiden, “ndak apa-apa Bu Risma”,’’ ujar Risma. (*)

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

 

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Dekranasda Kubu Raya Turut Andil Meriahkan HUT Dekranas 2024 di Kota Solo

KalbarOnline, Pontianak - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat turut…

1 hour ago

Taman Akcaya Pontianak: Destinasi Wisata Seru di Kalimantan Barat

KalbarOnline, Pontianak - Taman Akcaya Pontianak yang terletak di Jalan Sutan Syahrir, Kecamatan Pontianak Kota…

4 hours ago

Menikmati Keindahan Taman Alun-Alun Kapuas di Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Taman Alun-Alun Kapuas adalah salah satu destinasi wisata populer di Kota Pontianak,…

4 hours ago

Menyusuri Sejarah di Tugu Digulis Pontianak, Kalimantan Barat

KalbarOnline, Pontianak - Pontianak sebagai ibu kota Kalimantan Barat memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.…

4 hours ago

Istana Kadriah, Pontianak: Menguak Sejarah dan Budaya Kesultanan Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Ingin menyelami sejarah dan kebudayaan Kesultanan Pontianak di masa lampau? Datanglah ke…

4 hours ago

KPU Perkenalkan “PAWAN”, Maskot Pilkada Ketapang 2024

KalbarOnline, Ketapang - Komisi Pemilu Umum (KPU) Kabupaten Ketapang melakukan peluncuran tahapan pemilihan kepala daerah…

5 hours ago