Kembali Jabat Mendag, Lutfi: Pak Jokowi Pesan Tiga Hal

KalbarOnline.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah resmi melantik Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) yang baru, menggantikan Agus Suparmanto. Lutfi mengungkapkan, ada beberapa pesan khusus dari Presiden untuk dilaksanakan dalam masa kepemimpinannya.

“Pak Jokowi pesan tiga hal,” ujarnya dalam keterangannya secara virtual seperti dikutip, Jumat (24/12).

Pertama, Presiden meminta dirinya untuk menjaga stabilitas harga, agar angka inflasi tidak tinggi. Kedua, Presiden meminta dirinya untuk membantu bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui kebijakan yang dapat mendorong ekspor.

Baca Juga :  Jokowi Sedang Menyiapkan Pemimpin Masa Depan dari Kalangan Teknokrat

“Beliau titip pesan bahwa mesti dibantu UMKM, pasar ekspor diperbaiki strukturnya. Kalau perlu panggil konsultan dari Balai Latihan Ekspor,” ucapnya.

Ketiga, lanjutnya, Presiden meminta agar perdagangan internasional Indonesia bisa merangkak ke pasar-pasar negara nontradisional. Dia diminta seluruh perundingan Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) bisa lebih memberikan manfaat untuk Indonesia.

“Tahun ini kita susah tanda tangan beberapa yang penting. Kami juga melihat opportunity-opportunity atau peluang menegosiasikan pasar nontradisional,” jelasnya.

Baca Juga :  Muhammadiyah Minta Gus Yaqut Rangkul Semua Agama, Ini Jawaban Menag

Lutfi mencontohkan, misalnya mendorong perdagangan ke negara-negara Afrika hingga Amerika Selatan. “Jadi ini bagian utama yang akan dipelajari sesuai keinginan Pak Presiden,” pungkasnya.

Seperti diketahui kepemimpinannya di Kementerian Perdagangan bukan posisi yang baru. Sebelumnya dirinya pernah menjabat di kursi yang sama pada era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sejak 14 Februari hingga 20 Oktober 2014.

Comment