Jahe Seduh Sinkari, Dari Singkawang Kini ke Seluruh Indonesia

Jahe Seduh Sinkari, Dari Singkawang Kini ke Seluruh Indonesia

KalbarOnline, Singkawang – Pandemi membawa dampak bagi seluruh manusia, terutama dari segi ekonomi. Banyak usaha skala besar maupun kecil tumbang akibat badai besar Covid-19. Namun, tak semua usaha gulung tikar, justru ada usaha yang produknya tumbuh di kala pandemi. Salah satunya Sinkari, produk jahe seduh instant asal Singkawang.

Jahe Sinkari lahir dan tumbuh di awal pandemi. Kebutuhan orang akan asupan makanan dan minuman yang dapat memperkuat daya tahan tubuh menjadi salah satu alasan Sinkari diterima masyarakat luas. Jahe sejak ratusan tahun lalu dikenal dan dipercaya sebagai salah satu tanaman herbal yang dapat menjaga stamina dan daya tahan tubuh oleh orang Indonesia.

Jahe Sinkari merupakan minuman jahe seduh instant yang diracik oleh seorang dokter di Singkawang, dr Ichsan Alhadi.

Baca Juga :  KPPN Singkawang Dicanangkan Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani

Jahe Seduh Sinkari, Dari Singkawang Kini ke Seluruh Indonesia 2

Jahe Sinkari ditanam di kebun miliknya di Karimunting, Bengkayang dengan memberdayakan penduduk setempat untuk membudidayakannya. Setelah panen, jahe tersebut diolah di rumah sang dokter dengan melibatkan kalangan ibu di sekitar tempat tinggalnya. Jahe seduh tersebut kemudian dipacking secara eklusif dan dikirim ke seluruh Indonesia.

“Pandemi membawa berkah bagi saya, masyarakat sekitar kebun dan warga sekitar tempat tinggal saya,” kata dokter Ichsan sambil bercerita tentang produk Sinkari.

Meski baru diproduksi skala rumahan, namun Jahe Sinkari telah dikenal hampir di seluruh daerah di Indonesia. Tak hanya di Pontianak, produk Jahe Sinkari sudah merambah hingga kota besar seperti Jakarta, Bandung, Batam hingga Bali.

“Permintaan dari Malaysia dan Brunei pun sudah ada, hanya saja belum bisa dikirim sampai mereka membuka pintu perbatasan mereka,” ujar Ichsan.

Baca Juga :  Pontianak Diharapkan Jadi ‘Rumah Besar’, Alfian Salam: seperti Kota Singkawang

Di Singkawang, produk Jahe Seduh Sinkari bisa didapatkan hampir di semua supermarket. Di Pontianak, beberapa toko dan supermarket sudah menjualnya. Untuk memperluas pasar, Sinkari tentu sudah merambah pasar digital. Untuk pemesanan online dari seluruh Indonesia biasanya Ichsan mendapatkannya melalui pemesanan lewat akun Instagram @jaheseduhsinkari dan @jahesinkaripontianak. Ichsan juga membuka peluang bagi siapa saja untuk menjadi agen dan reseller.

Cita-cita Ichsan tidaklah tinggi, dirinya hanya ingin membawa dampak ekonomi yang baik bagi masyarakat sekitar kebun dan tempat tinggalnya.

“Semoga Sinkari dapat terus dikenal luas, membawa nama Singkawang ke seluruh Indonesia, dan membawa perbaikan ekonomi yang baik tentunya,” tutup Ichsan. (tim)

Comment