Didampingi Kapolda Banten, Wakapolri Tinjau Mudik Nataru di Pelabuhan Merak

KalbarOnline.com – Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono meninjau langsung penanganan dan kondisi arus mudik dan liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (24/12/2020).

Hasil pantauan bersama sejumlah jajarannya itu, Gatot menegaskan arus lalu lintas sepanjang Tol Jakarta-Merak masih normal dan dapat terkendalikan dengan baik. Kepolisian setempat mengatur lalu lintas sekitar dengan sangat baik.

“Kita pantau melalui udara bersama-sama Pak Kabarhakam, Pak Asops, dan Pak Kakorlantas, arus lalu lintas di jalan tol tidak terlalu padat dan masih normal saja. Dan di pelabuhan-pelabuhan juga normal,” jelas Gatot Eddy Pramono kepada wartawan.

Dikatakan Gatot, arus mudik dan lalu lintas tidak terlalu tinggi. pasalnya, berdasarkan keterangan Manager ASDP, puncak arus mudik Nataru terjadi pada tanggal 19 Desember lalu. Memang ada peningkatan jumlah kendaraan pribadi dan truk, yakni peningkatan sampai dengan 59%. Jumlah orangnya mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu sebanyak 66 persen, dan hari ini kita juga melihat penurunan,” sambungnya.

Baca Juga :  539 Santri di Banyuwangi Positif Covid-19, Ponpes Darussalam Berlakukan Karantina Wilayah

“Dalam mengatasi Libur Natal dan Tahun Baru, kepolisian bersama TNI dan instansi terkait melaksanakan operasi lilin 2020 yang dilaksanakan selama 15 hari, mulai dari tanggal 21 Desember 2020 hingga dengan tanggal 4 Januari 2021,” tegasnya.

Jenderal bintang Tiga ini mengimbau masyarakat yang hendak mudik hari raya Natal tetap mematuhi protokol kesehatan selama melakukan perjalanan, mengingat kasus penyebaran virus Covid-19 belum menunjukkan tren menurun.

“Kita mengimbau kepada masyarakat kalau bisa ya di rumah saja, tidak usah berlibur, tidak usah pulang kampung, dan merayakan Natal juga di rumah. Tapi kalaupun ada yang melaksanakan kegiatan berlibur atau pulang kampung tolong dipatuhi yang namanya protokol kesehatan COVID-19,” tutup Gatot.

Sementara itu, Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar mengatakan, kunjungan Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono ke Merak untuk mengecek kesiapan pelabuhan penyeberangan itu dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Baca Juga :  15 Gardu FBR Bentuk Tim ‘Brigade Juragan Muda’ Untuk Menangkan Benyamin-Pilar di Pilkada Tangsel

Fiandar menjelaskan bahwa sesuai yang disampaikan Wakapolri, puncak arus mudik Nataru sudah terjadi pada 19 Desember 2020. Kendati demikian, jajaran Polda Banten selalu siap siaga melakukan pengamanan di lapangan.

“Polda Banten Bersama TNI dan instansi terkait telah siap melaksanakan pengamanan Nataru 2020 dengan melakukan operasi lilin 2020 yang dilaksanakan selama 15 hari, mulai dari tanggal 21 Desember 2020 hingga dengan tanggal 4 Januari 2021,” tegas Fiandar

Seperti diketahui, dalam kunjungan ini, Wakapolri didampingi Kabaharkam Mabes Polri Komjen Pol Agus Andrianto, Asops Kapolri, Irjen Pol Imam Sugianto, Kakorlantas Polri Irjen Istiono, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono, Kapolda Banten Irjen Pol Drs Fiandar, Danrem 064/My Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko, dan GM PT Asdp Merak Hasan Lessy. [ind]

Comment