4 Jenis Orang Introvet. Kamu Tipe Introvert yang Mana?

Banyak orang yang salah mengerti karakter orang introvert. Karena orang introvert cenderung lebih pendiam, muncul banyak salah persepsi terhadap mereka, misalnya orang introvert sering dianggap anti sosial. Pasalnya, mereka cenderung lebih sulit atau enggan berkomunikasi, canggung, dan kurang percaya diri.

Ada empat jenis orang introvert, lho. Orang introvert bukan hanya mereka yang pendiam saat sedang berkumpul dengan orang lain. Ada empat jenis orang introvert dengan jenis kepribadian yang berbeda-beda. Mau tahu, Geng Sehat jenis orang introvert yang mana? Yuk cek di bawah ini!

Baca juga: Sering Disalahpahami, Berikut 8 Fakta Kepribadian Introvert yang Sebenarnya!

4 Jenis Orang Introvert

Berikut adalah jenis-jenis orang introvert yang dibedakan berdasarkan kepribadian mereka:

1. Introvert Sosial

Ini merupakan jenis introvert klasik. Orang introvert sosial merupakan kelompok yang lebih suka menghabiskan waktu sendiri. Mereka akan melakukan apapun untuk memastikan bahwa mereka punya waktu yang cukup untuk menyendiri.

Ketika bersosialisasi, mereka hanya mau menghabiskan waktu bersama beberapa teman dekat saja. Orang introvert suka menghabiskan waktu sendiri dan merasa lelah secara emosional jika terlalu lama menghabiskan waktu dengan orang lain. Hal tersebut berbeda dengan rasa malu atau kecemasan. Introversi social merupakan suatu preferensi.

Baca Juga :  Aplikasi Sipeta dari RSUD SSMA, Permudah Pelayanan Bagi Pengunjung

2. Introvert Introspektif

Jenis introvert introspektif merupakan kelompok orang yang banyak menghabiskan waktu di kepala mereka. Maka itu, introvert introspektif juga bisa disebut introvert intelektual. Orang introvertintrospektif suka berpikir tentang segala sesuatu yang mereka lihat dan dengar.

Mereka memiliki dunia sendiri yang kaya dan kompleks. Inilah mengapa mereka banyak menghabiskan waktu berpikir di kepala mereka. Orang introvertintrospektif suka melakukan refleksi terhadap diri sendiri.

Orang introvertintrospektif suka menganalisis dinamika sosial dan sangat sadar terhadap efek keberadaan mereka di dalam situasi tertentu. Beberapa orang menganggap bahwa orang introvertintrospektif suka menghilang di dunia fantasi mereka, padahal sebenarnya mereka sedang berpikir kritis secara mendalam.

Baca juga: Walaupun Pendiam dan Dingin, Ini Keunggulan Orang Introvert!

3. Introvert Anxious

Orang introvert anxious memiliki kesulitan berinteraksi dengan orang lain, bahkan terkadang kondisinya berkembang menjadi kecemasan sosial. Perilaku orang yang introvert anxious dipengaruhi oleh ketidakmampuan mereka berfungsi ketika berada di tempat banyak orang.

Orang introvert anxious seringkali menolak undangan ke acara-acara, bukan karena mereka lebih suka sendiri, namun lebih karena mereka khawatir akan risiko kecemasan jika berada di sekitar orang lain.

Baca Juga :  Peringati Hari Rabies Sedunia, Distankan Melawi Gelar Vaksinasi Rabies Gratis

Orang introvert anxious juga biasanya membayangkan masa depan berdasarkan interaksi dan pengalaman yang sudah pernah mereka alami, sehingga mereka cenderung memiliki penghargaan diri (self-esteem) yang rendah.

4. Introvert Restrained

Orang introvert restrained cukup umum di tengah masyarakat. Orang dengan jenis introvert ini menahan diri mereka dan membutuhkan sedikit waktu lebih lama untuk bisa nyaman dan terbiasa dengan orang lain.

Orang introvert restrained tidak takut melakukan interaksi sosial. Malah kebalikannya, mereka biasanya suka bertemu orang baru, namun mereka biasanya sangat selektif memilih orang yang mereka percaya dan nyaman untuk membuka diri.

Hal ini sering membuat orang introvert restrained terkesan misterius. Namun sebenarnya orang introvert restrained hanya ingin melakukan observasi terlebih dahulu sebelum melakukan sesuatu. Mereka suka berpikir dulu sebelum berbicara. (UH)

Baca juga: Bukan Ekstrovert ataupun Introvert? Mungkin Kamu Ambivert!

Sumber:

Well an Good. There Are Actually 4 Types of Introverts, and Each Has Its Own Social Strength. Maret 2020.
Private Therapy. 4 TYPES OF INTROVERT THAT MAKE SENSE OF YOUR PERSONALITY. Maret 2020.

Comment