Vaksin yang Manjur Tiba, Singapura Segera Vaksinasi 5,5 Juta Penduduk

KalbarOnline.com – Gelombang pertama vaksin virus Korona yang manjur buatan Pfizer-BioNTech tiba di Singapura pada Senin (21/12). Kabar ini menandai langkah penting dalam rencana Singapura untuk memvaksinasi penduduknya. Singapura melalui Bandara Changi juga siap menjadi pusat distribusi vaksin ke berbagai negara.

“Singapore Airlines Ltd mengirimkan vaksin yang dikembangkan oleh Pfizer Inc. dan BioNTech SE dari Brussels,” kata maskapai itu dalam sebuah pernyataan pada Senin seperti dilansir dari Bloomberg, Selasa (22/12).

Vaksin itu dikirim ke fasilitas rantai pendingin operator penanganan darat SATS Ltd untuk penyimpanan dan transportasi selanjutnya. Vaksin itu dibawa dengan pesawat SQ7979, layanan kargo terjadwal dari Brussel, Belgia, ke Singapura.

Baca juga: Pilih yang Manjur, Singapura Setujui Dua Vaksin Covid-19 dari AS

“Vaksin itu juga merupakan pengiriman vaksin Pfizer-BioNTech pertama yang dikirimkan ke salah satu negara di Asia,” kata maskapai tersebut.

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengatakan awal bulan ini bahwa negaranya telah menyetujui penggunaan vaksin Pfizer-BioNTech dan mengharapkan pengiriman pertama pada akhir Desember. Singapura telah menyisihkan lebih dari SGD 1 miliar untuk vaksin. Dan seharusnya mencukupi untuk sekitar 5,5 juta penduduknya pada kuartal ketiga.

“Perjanjian pembelian di muka juga telah dibuat dengan kandidat lain yang menjanjikan, termasuk dari Moderna Inc dan Sinovac Biotech Ltd,” kata Lee.

DHL milik Deutsche Post AG menangani pengiriman dalam kotak pengirim khusus yang memiliki pelacak suhu yang dilengkapi dengan GPS untuk memberikan visibilitas selama perjalanan vaksin. Untuk menyediakan cakupan global selama dua tahun ke depan, DHL memperkirakan bahwa sekitar 15 juta kotak pendingin akan dibutuhkan di berbagai rantai pasokan.

Saksikan video menarik berikut ini:

BACA JUGA:  Trump Terkena Covid-19 jadi Peluang Rusia, Tawarkan Vaksin ke AS

Comment