Sepak Terjang Budi Gunadi Sadikin, Bankir yang Jadi Menteri Kesehatan

KalbarOnline.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Budi Gunadi Sadikin sebagai calon menteri kesehatan (Menkes) menggantikan Terawan Agus Putranto.

Sebelumnya Budi yang juga dikenal sebagai bankir, menjabat sebagai wakil menteri BUMN dan juga ketua satuan tugas pemulihan ekonomi dan transformasi nasional (PEN).

“Bapak Budi Gunadi Sadikin, beliau sebelumnya Dirut Bank Mandiri, kemudian jadi Dirut PT ASAN Alumunium dan terakhir jadi Wamen BUMN. Dan sekarang kita berikan tanggung jawab untuk memimpin kemenkes,” ucap Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/12/2020).

Nama Budi Gunadi Sadikin sendiri bukanlah baru dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju. Dia sudah mengemban jabatan sebagai Wakil Menteri BUMN sekaligus Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Budi Gunadi Sadikin lahir di Bogor, 6 Mei 1964. Sebelum menjadi Wamen BUMN pada 2019, Budi Gunadi Sadikin menjabat sebagai Direktur Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) sejak September 2017.

Baca Juga :  Turnamen Sepak Bola Langgar Prokes, Polres Serang Kota Tetapkan Ketua Panitia Sebagai Tersangka

Selain menjadi Wamen, saat ini Budi juga menjabat sebagai Wakil Komisaris Utama Pertamina.

Mengambil studi tentang Fisika Nuklir, Budi Gunadi Sadikin lulus dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1988.

Kariernya kemudian diawali dengan menjadi Staf Teknologi Informasi di IBM Asia Pasifik yang berpusat di Tokyo, Jepang.

Selanjutnya, ia melanjutkan karier di IBM Indonesia dengan jabatan terakhir sebagai Systems Integration and Professional Services Manager hingga 1994.

Dari IBM Indonesia, Budi memutuskan pindah ke Bank Bali, yang kini dikenal sebagai Bank Permata.

Baca Juga :  Kemenhub Jalankan Kebijakan Jaga Jarak di Angkutan Publik

Budi beberapa kali memegang sejumlah jabatan.

Jabatan-jabatan itu di antaranya sebagai General Manager Electronic Banking, Chief General Manager wilayah Jakarta, dan Chief General Manager Human Resources hingga 1999.

Kemudian, Budi bergabung dengan ABN Amro Bank Indonesia dengan jabatan terakhir sebagai Direktur Consumer Banking hingga 2004.

Selanjutnya, ia meloncat lagi ke Bank Danamon sebagai Executive Vice President Consumer Banking dan Direktur di Adira Quantum Multi Finance. Budi kemudian bergabung ke Bank Mandiri pada 2006 hingga akhirnya menjadi Direktur Inalum.

Melihat sederet sepak terjang Budi Sadikin, nampaknya jabatan Menkes akan menjadi pengalaman baru baginya. Dia pun akan menjadi Menkes RI kedua setelah Mananti Sitompoel yang tak memiliki latar belakang kedokteran. [rif]

Comment