by

Praveen/Melati dan Hafiz/Gloria Aman dari Ancaman Degradasi

KalbarOnline.com − Status kepengurusan baru PP PBSI diumumkan besok. Status promosi dan degradasi atlet juga belum ditentukan.

Namun, ada beberapa atlet yang posisinya aman. Mereka mendapat prioritas untuk tampil di turnamen besar tahun depan.

Pelatih Richard Mainaky mengungkapkan, dari sektor ganda campuran, pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti sudah pasti aman. Sama halnya dengan Hafiz Faizal/Gloria Emanuellle Widjaja.

Baca Juga: Ranking 3 Dunia, Tim Indonesia Langsung Lolos ke Piala Sudirman 2021

Mereka masih memiliki tugas untuk mengamankan tiket ke Olimpiade tahun depan. Untuk itu, Hafiz/Gloria ditargetkan meraih posisi tertentu dalam turnamen kualifikasi agar peringkatnya aman.

’’Soal promosi dan degradasi tahun ini belum ada kabar ya. Tetapi, dari pengalaman saya sebelumnya, yang ada prioritas posisinya aman (di pelatnas). Terutama yang ranking 20 besar dan ada prioritas tertentu,’’ ujar Richard.

Selain kedua pasangan tersebut, yang lain adalah Rinov Rivaldy/Pitha Hingtyas Mentari dan Adnan Maulana/Mychelle Chrystin Bandaso. Rinov/Pitha berada di peringkat ke-18 dunia. Sedangkan Adnan/Mychelle menempati posisi ke-33.

Selain peringkat dan prioritas, promosi dan degradasi mempertimbangkan capaian pemain selama periode tertentu.

Namun, melihat ada situasi khusus tahun ini, hal itu tidak bisa jadi patokan utama. Penilaian promosi dan degradasi yang lain adalah durasi di pelatnas, usia, karakter pemain, dan prestasi yang diraih.

’’Kalau yang lain, itu bergantung bagaimana pengurus baru keputusannya. Pemanggilan lagi itu Januari 2021. Pemain kembali ke klub masing-masing dulu. Kecuali yang mau main di Thailand bulan depan,’’ imbuh Richard.

Comment

News Feed