by

PBNU Yakin Gus Yaqut Mampu Emban Tugas Menteri Agama

KalbarOnline.com – Dikenal sebagai sosok muda dan agamais, Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut diyakini mampu mengemban tugas barunya sebagai menteri agama.

Keyakinan itu dilontarkan oleh Sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Helmy Faishal Zaini. Menurut dia, Gus Yaqut mampu mengemban tugas sebagai menteri agama.

“(Gus Yaqut, red) kader NU. Dia merupakan Ketum GP Ansor. Dengan kepemimpinan Gus Yaqut kami yakin, karena track record sangat baik,” ungkap Helmy Faishal kepada KalbarOnline.com, Selasa (22/12).

Helmy Faishal menyadari nanti Gus Yaqut dalam menjalani tugasnya bakal menghadapi banyak tantangan. Mulai dari pelaksanaan penyelenggaraan ibadah haji 1441 H/2021 M, penanggulangan terorisme hingga pendidikan keagamaan. “Mudah-mudahan tugas yang dijalankannya berjalan dengan baik,” ujar Helmy.

Baca juga: Jokowi Reshuffle Kabinet: Risma Jadi Mensos, Sandiaga Uno Menparekraf

Gus Yaqut yang lahir di Rembang pada 4 Januari 1975 itu juga dikenal memiliki sifat tegas dan keras. Helmy meyakini rekannya itu bisa berkomunikasi lebih baik selama bertugas sebagai menteri.

“Saya kira nanti akan learning by doing. Kebijaksanaan itu akan muncul dengan seiring waktu yang ditempa oleh berbagai pengalaman dan keadaan,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Gus Yaqut menjadi salah seorang yang disebut Presiden Jokowi dalam reshuffle Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara pada Selasa (22/12). Dalam pengumuman itu terdapat enam orang yang menduduki jabatan menteri di Kabinet Indonesia Maju. Salah satunya adalah Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas. Yaqut Cholil Qoumas ditunjuk sebagai menteri agama, menggantikan Fachrul Razi.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment

Terbaru