by

Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur dari Kerajaan, Gelar Dicopot

KalbarOnline.com – Kabar mengejutkan muncul pada awal tahun 2020. Ketika itu Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle, memutuskan untuk mundur dari Kerajaan Inggris. Mereka rela menyerahkan seluruh tampuk kekuasaan dan gelar, karena merasa ingin hidup mandiri, bukan sebagai bangsawan lagi.

Ketika itu mereka berencana untuk mundur dari peran mereka sebagai anggota senior keluarga Kerajaan Inggris dan menghabiskan lebih banyak waktu di Amerika Utara. Keputusan itu diumumkan Rabu, 8 Januari 2020.

Harry, yang berada di urutan keenam penerus takhta Inggris, dan Meghan, seorang mantan aktris Amerika, mengatakan keputusan mundur itu karena mereka ingin mandiri secara finansial dan mendirikan sebuah badan amal sambil melanjutkan beberapa tugas kerajaan. Mereka tetap menghormati Ratu dengan menyelesaikan tugas-tugas kerajaan sebelumnya.

“Kami sekarang berencana untuk menyeimbangkan waktu kami antara Inggris dan Amerika Utara, terus menghormati tugas kami untuk Ratu, Persemakmuran, dan perlindungan kami,” kata pasangan itu dalam sebuah pernyataan di Instagram seperti dilansir dari Al Jazeera.

Harry dan Meghan Markle ingin hidup mandiri secara finansial (Marie Claire)

Keputusan itu sudah dipikirkan mereka selama beberapa bulan terakhir. “Setelah berbulan-bulan refleksi dan diskusi internal, kami memilih untuk melakukan transisi tahun ini,” tulis mereka di Instagram saat itu.

“Kami bermaksud untuk mundur sebagai anggota ‘senior’ dari Keluarga Kerajaan dan bekerja untuk menjadi mandiri secara finansial, sambil terus sepenuhnya mendukung Yang Mulia Ratu,” kata mereka.

Harry dan Meghan menikah pada Mei 2018 dalam upacara mewah di Kastil Windsor, sebelah barat London, dan tahun lalu Meghan melahirkan anak pertama mereka, Archie Harrison Mountbatten-Windsor, yang tidak menerima gelar kerajaan. Mereka akan membagi waktu antara Inggris dan Amerika Utara.

BACA JUGA:  Kaleidoskop 2020: Menag Jadi Menteri Ketiga yang Terinfeksi Covid-19

Istana Kecewa

Harry dan Meghan tidak berkonsultasi dengan anggota keluarga kerajaan lain tentang keputusan mereka seperti dilansir dari CNN. Dikatakan ada kekecewaan yang mendalam di istana setelah pengumuman tersebut. Anggota senior keluarga terluka karena berita tersebut. Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan hanya beberapa jam setelah posting Instagram pasangan itu, Istana Buckingham mengatakan situasinya rumit.

“Diskusi dengan Duke dan Duchess of Sussex berada pada tahap awal,” kata pernyataan humas Istana Royal secara resmi.

“Kami memahami keinginan mereka untuk mengambil pendekatan yang berbeda, tetapi ini adalah masalah rumit yang akan membutuhkan waktu untuk diselesaikan,” jelas pihak Istana saat itu.

Reaksi Pangeran William

Pangeran William tentu menjadi bagian anggota keluarga kerajaan yang juga kecewa terhadap keputusan mundurnya Pangeran Harry dan Meghan Markle. William dan Harry adalah kakak beradik yang akrab dan dekat sejak kecil pasca kematian mendiang ibunya, Putri Diana. William berharap Royals suatu hari bisa berdamai.

Skandal Meghan-Harry mendorongnya ikut berkomentar. William mengungkapkan sudah berusaha untuk mencegah saudara kandungnya itu.

“Saya sudah merangkul saudara saya sepanjang hidup saya dan saya tidak bisa melakukan itu lagi. Saya sedih,” katanya kepada Sunday Times seperti dilansir dari Pagesix.

Duke of Cambridge mengakui kesedihannya tentang keputusan Pangeran Harry dan Meghan Markle untuk mundur sebagai anggota senior monarki. William, 37, tampaknya pasrah untuk mencoba mendukung pasangan itu.

“Yang bisa kita lakukan, dan yang bisa saya lakukan adalah mencoba dan mendukung mereka dan berharap saatnya tiba nanti kami akan berada di halaman yang sama, satu tim lagi,” katanya.

William lebih bijak dibanding sang ayah, Pangeran Charles yang marah besar. Sebab Harry tidak berkonsultasi terlebih dahulu. William, suami Kate Middleton tampak diam di tengah kontroversi. Ternyata dia banyak terlibat dalam upaya untuk menenangkan Harry dan Markle dalam beberapa hari terakhir.

BACA JUGA:  Oksigen Pasien Covid-19 Bisa Drop, Inggris Minta Lansia Punya Oximeter

Pindah ke Kanada

Beberapa hari setelah pengumuman tersebut, Meghan Markle juga menerbangkan anjing-anjing piaraan mereka ke Vancouver, Kanada pada Januari 2020. Meghan dan Harry sepertinya sudah pasti menetap di Kanada. Keputusan itu semakin ditegaskan setelah mereka berdua liburan selama 6 minggu di rumah orang tua Meghan di Kanada.

Dilansir dari Cosmopolitan, Meghan Markle tidak hanya terbang kembali ke Kanada setelah hanya tiga hari di Inggris, tetapi Meghan dan Harry juga sudah menerbangkan anjing mereka. Keputusan Pangeran Harry dan Meghan Markle untuk mundur adalah kabar mengejutkan. Istana saat ini juga sedang berpikir untuk mencari tahu seperti apa peran baru Harry dan Meghan nantinya agar bisa membagi waktu serta pikiran mereka baik di Amerika dan Inggris.

Menetap di Los Angeles

Di tengah pandemi virus Korona mulai Maret 2020, Pangeran Harry dan Meghan Markle telah meninggalkan Kanada dan pindah ke California. Dilansir dari Mirror, Harry dan Meghan memang sudah membangun rumah di dekat Hollywood dengan putra Archie yang berusia 10 bulan.

Tetapi langkah ini direncanakan untuk beberapa waktu. Mereka menyadari karena berbagai alasan dan mereka ingin berbasis di daerah Los Angeles.

The Sussexes diklaim telah meninggalkan rumah seharga 11,4 juta poundsterling yang mereka sewa di Vancouver dan naik pesawat pribadi keluar kota tak lama sebelum Presiden AS Donald Trump dan PM Kanada Justin Trudeau menutup perbatasan antara negara mereka. Pasangan itu mendarat di daerah LA, di lingkungan mewah. Meghan sebagai mantan aktris AS memang dibesarkan di Los Angeles di mana ibunya, Doria Ragland, tinggal.

Gelar Bangsawan Dicopot

Sebagai konsekuensi keputusan mundur dari kerajaan, Pangeran Harry dan Meghan Markle, harus rela tidak lagi menyandang gelar kehormatan kerajaan. Awalnya di depan nama mereka, terdapat gelar kerajaan yakni gelar Yang Mulia (HRH/His or Her Royal Highneds).

BACA JUGA:  Ada Varian Baru Covid-19 di Inggris, Sejumlah Negara Tunda Penerbangan

Mulai 31 Maret 2020, gelar Meghan Markle dan Harry sudah berakhir. Mereka secara otomatis sudah menyerahkan tahta sebagai konsekuensi mundur dari Kerajaan Inggris. Meghan Markle dan Pangeran Harry pun berterima kasih kepada para simpatisan dan penggemar atas dukungan mereka dalam pesan perpisahan yang mengharukan.

Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur dari Kerajaan, Gelar Dicopot 2
Gelar bangsawan Harry dan Meghan Markle dicopot (Hello Magazine)

Mereka berbagi kabar di halaman Instagram SussexRoyal yang mereka posting. Dan selebihnya, Ratu Elizabeth telah melarang mereka menggunakan kata ‘kerajaan (royal)’ dalam label mereka.

“Terima kasih kepada para komunitas ini atas dukungan, inspirasi dan komitmen bersama untuk kebaikan di dunia,” kata Meghan dan Harry seperti dilansir dari Mirror.

Dan kini, Meghan bersama Harry serta buah hati mereka, hidup dengan tenang dan bahagia di Amerika Serikat. Kabar terbaru yang diungkapkan Meghan dan Harry baru-baru ini merupakan kabar duka di mana Meghan sempat mengalami keguguran pada bulan Juli. Namun hal itu tidak mempengaruhi kebahagiaan mereka yang hidup berjauhan dengan keluarga kerajaan Inggris.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment