Kaum Ibu Jadi Garda Terdepan Memutus Mata Rantai Covid-19 dalam Keluarga

Kaum Ibu Jadi Garda Terdepan Memutus Mata Rantai Covid-19 dalam Keluarga

KalbarOnline, Pontianak – Hari Ibu ke-92 di Kota Pontianak diperingati secara sederhana sesuai dengan protokol kesehatan di Aula Rumah Dinas Wali Kota Pontianak, Selasa (22/12/2020). Dalam momentum Hari Ibu ke-92 ini, Ketua TP-PKK Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie Kamtono mengajak para ibu menjadi garda terdepan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Saya berharap semoga pandemi Covid-19 di Kota Pontianak segera berakhir sehingga kita bisa melakukan kegiatan rutin seperti sedia kala,” ujarnya.

Menurutnya, para ibu sebagai pendamping suami dan anak-anak sangat berperan penting dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Apalagi, pada masa pandemi ini segala aktivitas dibatasi dalam rangka mencegah penularan Covid-19.

Kaum Ibu Jadi Garda Terdepan Memutus Mata Rantai Covid-19 dalam Keluarga 2

“Kita berkesempatan untuk mengajari dan mengedukasi anak-anak bagaimana untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan,” imbuhnya.

Banyak hal yang bisa dilakukan kaum ibu dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Diantaranya edukasi, sosialisasi dan memberikan contoh kepada anak-anak bagaimana cara mencuci tangan, menggunakan masker dan menghindari kerumunan.

“Di saat seperti ini peran ibu sangat diharapkan supaya kita bisa minimal menyelamatkan keluarga, lingkungan dan masyarakat kita,” ucap Yanieta.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono berharap kaum ibu meningkatkan ketahanan keluarga dalam menghadapi pandemi Covid-19 terutama anak-anaknya. Para ibu diharapkan bisa berperan secara optimal dengan meningkatkan kepedulian, perekonomian keluarga, pendidikan anak-anak disesuaikan dengan kondisi lingkungan.

“Termasuk dengan kampanye mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak,” pungkasnya. (prokopim)

BACA JUGA:  Liburkan Sekolah 14 hari, Edi Minta Siswa Belajar di Rumah

Comment