Jokowi Umumkan Enam Menteri Baru Kabinet Indonesia Maju, Rabu Besok Dilantik

KalbarOnline.com – Presiden Joko Widodo resmi memperkenalkan wajah baru Kabinet Indonesia Maju. Sebanyak enam menteri diumumkan langsung Presiden, Selasa (22/12/2020) dan akan dilantik besok Rabu (23/12/2020).

Dilihat dari akun YouTube Serpres saat pengumuman enam menteri tersebut, Jokowi tampak duduk di beranda Istana Merdeka bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Orang nomor 1 dan 2 di Indonesia kompak mengenakan kemeja putih. Setelahnya, Jokowi memanggil satu per satu nama menteri baru yang diumumkannya.

“Bapak, Ibu, saudara-saudara sebangsa dan setanah air, pada sore hari yang berbahagia ini saya bersama-sama dengan Bapak Wakil Presiden ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota kabinet Indonesia Maju,” kata Jokowi seperti disiarkan dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (22/12/2020).

Nama pertama yang dipanggil Jokowi ialah Tri Rismaharini atau yang dikenal dengan nama Risma. Dia adalah Walikota Surabaya, yang kini diberi tugas Jokowi sebagai Menteri Sosial.

“Yang pertama Ibu Tri Rismaharini, saya kira kita tahu semuanya beliau adalah wali kota Surabaya dan saat ini Bu Tri Rismaharini akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial,” ucap Jokowi.

Setelahnya Jokowi memanggil nama Sandiaga Uno. Dia ditugaskan sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama.

“Saya ingin mengenalkan tapi kita semuanya saya kira sudah tahu, yaitu Bapak Sandiaga Salahuddin Uno,” kata Jokowi.

Berturut kemudian ada nama Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama, Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, serta Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan. Mereka akan dilantik pada Rabu, 23 Desember 2020.

“Pelantikan insyaAllah Rabu besok,” tutupnya. [ind]

BACA JUGA:  Dapat Nomor Urut 1, Enos-Yudha Ajak Masyarakat Bersatu Majukan OKU Timur

Comment