Jokowi Harap Awal 2021 Mulai Vaksinasi, Menko PMK Prediksi Pertengahan

KalbarOnline.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuturkan, vaksinasi diharapkan dapat dilaksanakan pada awal tahun mendatang. Sebab, vaksinasi, diyakini dapat menekan angka penyebaran Covid-19 dan mengakhiri masa pandemi ini.

’’Yang paling penting, pemerintah akan segera memberikan vaksin gratis kepada seluruh rakyat dan akan dimulai awal tahun 2021,’’ ujarnya dalam acara webinar, Selasa (22/12).

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan, pertengahan tahun merupakan proyeksi moderat vaksin Covid-19 dapat diguankan. Bisa jadi, implementasi vaksinasi baru akan dilakukan akhir tahun depan atau mungkin dengan optimisme di awal tahun.

Baca Juga :  Ada Anggota Keluarga yang Terpapar, Jangan Panik! Ini Protokolnya

’’Untuk awal tahun sepertinya belum bisa karena kita masih menunggu emergency used authorization dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM),’’ jelasnya dalam keterangan tertulis.

Vaksin, kata dia bukanlah senjata pemungkas menghadapi virus tersebut, namun paling tidak mampu meringankan upaya menaklukkan wabah Covid-19. ’’Di 2021 ini saya kira masih remang-remang. Kuncinya ada di vaksin dan kita harapkan pertengahan tahun bisa dilakukan,’’ ujar dia.

Baca Juga :  Kasus Positif Korona Tak Terkendali, Menag Minta Ibadah di Rumah Saja

Dijelaskan, saat ini rencana rencana implementasi vaksin memang masih berproses. Nantinya, izin resmi dari BPOM yang akan menentukan kapan dan bagaimana vaksinasi dapat dilakukan.

’’Kalau ini (implementasi vaksinasi) nanti bisa berjalan, saya kira kita bisa mulai membenahi pembangunan sumber daya manusia (SDM) dan kebudayaan yang selama pandemi ini kita ketahui mengalami keterhambatan,’’ terangnya. (*)

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment