Jabat Menparekraf, Ini Tugas Sandiaga Uno dari Presiden-Wapres

KalbarOnline.com – Sandiaga Uno ditunjuk sebagai menteri pariwisata dan ekonomi kreatif (Menparekraf). Pengusaha yang dikenal program OKE OCE itu mendapat tugas besar dari Presiden Jokowi-Wapres Ma’ruf Amin.

Menurut Sandiaga, tugas diembannya sebagai menparekraf sangat berat. Sebab, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif hancur semenjak dilanda pandemi covid-19. Kondisi itu menjadi tantangan bagi mantan calon wapres di Pemilu 2019 tersebut.

“Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif menyumbang banyak lapangan kerja. Kini mereka terpaksa melakukan PHK dan mengurangi jam kerja karena dampak pandemi,” ujar Sandiaga dalam konfrensi persnya secara virutal, Selasa (22/12).

Mengutip data BPS dan Bappenas, mantan Wagub DKI Jakarta itu menyebut sektor pariwisata dan ekonomi kreatif menyumbang 12 juta lapangan kerja. Selama pandemi mereka terpaksa harus melakukan PHK dan pengurangan jam kerja.

Setelah mendapat arahan dari Presiden Jokowi, Sandiaga ditugaskan untuk memastikan lima tujuan superprioritas dapat tumbuh di tengah pandemi. Maka dari itu, Sandiaga bersama jajarannya nanti di Kemenparekraf berupaya menyiapkan infrastruktur, aspek seni budaya, kostum, maupun pernak pernik yang berkaitan dengan kesiapan destinasi wisata, sehingga menjadi destinasi unggulan pasca pandemi covid-19.

Tugas selanjutnya, Sandiaga diminta untuk membuat calender of event di destinasi lima superprioritas. “Event-event yang bisa menarik para wisatawan terutama di saat covid ini, yang bisa mempertahankan jumlah lapangan kerja dan aktifivas ekonomi di sektor wisata dan ekonomi kreatif,” imbuhnya.

Adapun calender of event itu terdiri atas skala kecil untuk mingguan, bulanan, dan satu event besar skala dunia untuk tahunannya. Event skala dunia ini yang diharapkan menjadi big bang.

Baca juga: Jokowi Reshuffle Kabinet: Risma Jadi Mensos, Sandiaga Uno Menparekraf

BACA JUGA:  Gelar Rapat Perdana, Ini Tiga Hal Strategi Menparekraf Sandiaga

Sedangkan pesan tugas dari Wapres Ma’ruf Amin kepada Sandiaga Uno adalah untuk memastikan aspek kesehatan dan keselamatan menjadi prioritas di setiap destinasi wisata dalam menghadapi covid-19. Tujuannya, para wisatawan merasa aman nyaman.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment