Cemerlang di Surabaya, Ini Profil Risma yang Dipercaya Jokowi Jadi Menteri Sosial

KalbarOnline.com – Presiden Jokowi didampingi Wapres KH Ma’ruf Amin mengumumkan enam menteri baru, salah satunya Tri Rismaharini, Selasa (22/12/2020), di Istana Negara, Jakarta.

Risma akan menjabat Mensos menggantikan Juliari Batubara yang saat ini menjadi tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Saya kira kita tahu semuanya, beliau adalah Wali Kota Surabaya, dan saat ini Bu Tri Rismaharini akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial,” saat mengumumkan resuffle kabinet, Selasa sore (22/12/2020).

Risma adalah sosok kelahiran Kediri, Jawa Timur, 20 November 1961. Kinerja bagus Risma selama memimpin Kota Pahlawan selama dua periode, menjadi alasan Jokowi menunjuknya menjadi Mensos.

Selain menjadi kader potensial PDIP, Risma merupakan birokrat sejati. Pada tahun 1997, dia dipercaya sebagai Kepala Seksi Tata Ruang dan Tata Guna Tanah Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya.

Baca Juga :  Muhamad-Saraswati Janji Bangun Islamic Center, Tim Benyamin-Pilar: Programnya Sudah Dibuat Pemkot Tangsel

Selanjutnya Risma diangkat menjadi Kepala Seksi Pendataan dan Penyuluhan Dinas Bangunan Kota Surabaya (2001), Kepala Cabang Dinas Pertamanan Kota Surabaya (2001), Kepala Bagian Bina Pembangunan (2002), Kepala Bagian Penelitian dan Pengembangan (2005), Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya (2005), Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya (2008).

Kariernya kian melejit ketika PDIP mengusungnya menjadi Wali Kota Surabaya pada Pilkada Surabaya 2010. Kemenangan Risma di pilkada, mengantarkannya dua periode memimpin Surabaya. Perempuan kelahiran Kediri, Jawa Timur, 20 November 1961, terus menunjukkan kinerja positif. Kinerja positif Risma tersebut, membuat Jokowi kepincut merekrutnya menjadi Mensos.

Baca Juga :  Profil Yaqut Cholil Qoumas, Ketum GP Ansor Gantikan Purnawirawan TNI di Kementerian Agama

Kiprahnya di dunia politik juga cemerlang. Risma mulai menata Kota Surabaya dari yang buruk menjadi lebih asri dan tertata dengan baik dibandingkan sebelumnya, lebih hijau dan lebih segar.

Taman-taman kota yang dibangun Risma adalah pemugaran taman bungkul di Jalan Raya Darmo dengan konsep all-in-one entertainment park, taman di Bundaran Dolog, taman buah Undaan, serta taman di Bawean, dan di beberapa tempat lainnya yang dulunya mati sekarang tiap malam dipenuhi dengan warga Surabaya.

Selain itu Risma juga membangun jalur pedestrian dengan konsep modern di sepanjang jalan Basuki Rahmat yang kemudian dilanjutkan hingga jalan Tunjungan, Blauran, dan Panglima Sudirman. [rif]

Comment