Soal Waktu Subuh Salah, Kemenag Bantah Klaim dari Muhammadiyah

KalbarOnline.com – Direktur Jenderal Bina Masyarakat (Dirjen Bimas) Islam Kementerian Agama (Kemenag) Kamaruddin Amin memastikan bahwa kriteria waktu Subuh pada posisi matahari -20 derajat sudah benar. Baik dilihat dari sisi fikih maupun sains.

Itu ditegaskan Kamaruddin merespons hasil kajian Majelis Tarjih Muhammadiyah yang mengatakan bahwa waktu subuh pada posisi -18 derajat lebih akurat. ’’Kementerian Agama melalui Tim Falakiyah menyepakati bahwa kriteria waktu Subuh pada posisi matahari -20 yang digunakan dalam pembuatan jadwal salat Kementerian Agama sudah benar sesuai fikih dan sains,’’ tegas Kamaruddin di Jakarta, Senin (21/12).

Tim Falakiyah Kemenag terdiri atas pakar Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Badan Informasi Geospasial (BIG), dan Universitas Islam di seluruh Indonesia, juga pakar falak dari PBNU, Persis, PUI, dan Al-Irsyad.

Baca Juga :  Tiba di Pontianak, Wapres Ma’ruf Disambut Pj Wako Ani Sofian

’’Kriteria tersebut berdasarkan hasil observasi rukyat fajar yang dilakukan oleh Tim Falakiyah Kemenag di Labuan Bajo pada 2018, dan juga hasil observasi rukyat fajar di Banyuwangi yang dilakukan oleh peneliti dari Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama,’’ tegasnya.

Sehubungan itu, Kamaruddin mengimbau masyarakat tidak ragu menggunakan kriteria waktu Subuh yang diterbitkan Kemenag.

Sementara itu, sebelumnya, Sekretaris Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah Mohamad Mas’udi mengatakan, pembahasan terkait masalah waktu subuh ini merupakan lanjutan dari temuan Islamic Science Research Network (ISRN) UHAMKA, Pusat Astronomi Universitas Ahmad Dahlan (Pastron UAD), dan Observatorium Ilmu Falak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (OIF UMSU).

Baca Juga :  Protokol Kesehatan Diterapkan Secara Ketat kepada Para Jamaah Umrah

’’Berdasarkan temuan ketiga lembaga penelitian astronomi dan ilmu falak Muhammadiyah ini menyimpulkan bahwa ketentuan Kementerian Agama tentang ketinggian matahari pada waktu subuh di angka -20 derajat perlu dikoreksi dan Majelis Tarjih menilai -18 derajat merupakan angka yang lebih akurat,’’ jelas Mas’udi ketika Hasil Munas Tarjih Muhammadiyah ke-31, Minggu (20/12).

Dengan koreksi tersebut, kata dia waktu Subuh saat ini diundur sekitar 8 menit. Jadi, ketika Indonesia Bagian Barat waktu Subuh sekitar jam 03.50, maka awal waktu Subuh mundur menjadi 03.58. (*)

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment