Sangat Mengganggu, Ini 8 Cara Mengatasi Sakit Gigi di Malam Hari!

Sakit gigi memang sangat mengganggu ya Gengs, apalagi kalau datangnya di malam hari. Sakit gigi di malam hari bisa membuat kita jadi sulit tidur, alhasil keesokan harinya kita jadi lelah dan tidak semangat.

Kalau Geng Sehat mengalaminya, enggak perlu khawatir. Ada beberapa cara mengatasi sakit gigi di malam hari yang bisa coba dilakukan.

Baca juga: Prosedur Cabut Gigi, Proses dan Pemulihannya.

Kenapa Sakit Gigi di Malam Hari?

Sakit gigi di siang hari memang sakit, namun sakit gigi di malam hari terkadang bisa lebih sakit lagi. Salah satu alasan kenapa sakit gigi menyerang di malam hari adalah karena saat kita tidur, darah naik ke kepala. Peningkatan darah ini bisa menyebabkan rasa sakit.

8 Cara Mengatasi Sakit Gigi di Malam Hari

Mengobati sakit gigi di malam hari mungkin lebih sulit untuk dilakukan, karena tidak ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengalihkan perhatian seseorang dari rasa sakitnya. Namun, ada beberapa cara mengatasi sakit gigi di malam hari yang bisa Kamu lakukan untuk meredakannya:

1. Makan Obat Pereda Rasa Sakit

Mengonsumsi obat pereda rasa sakit seperti asetaminofen atau ibuprofen merupakan cara mengatasi sakit gigi di malam hari yang paling praktis untuk dilakukan. Cara ini bisa dilakukan untuk meredakan sakit gigi ringan hingga sedang. Kalau mengonsumsi obat pereda rasa sakit, pastikan Kamu memerhatikan dosis penggunaannya.

Baca Juga :  Ketahui Penyebab Sakit Gigi dan Cara Mengatasinya

2. Menggunakan Kompres Dingin

Menggunakan kompres dingin bisa membantu meredakan sakit gigi di malam hari. Menempelkan es batu yang dibalut handuk pada sisi wajah atau rahang dapat membantu mengecilkan pembuluh darah pada bagian tersebut, sehingga bisa meredakan rasa sakitnya.

Menempelkan kompres dingin pada sisi yang sakit selama 15-20 menit setiap beberapa jam di sore hari juga bisa membantu mencegah sakit gigi di malam hari.

3. Tidur Menggunakan Bantal yang Tinggi

Pengumpulan darah di kepala bisa menyebabkan nyeri dan inflamasi. Maka itu, untuk beberapa orang, tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi atau menggunakan bantal yang tinggi dapat meredakan sakit gigi di malam hari.

4. Menggunakan Salep

Beberapa salep medis juga bisa membantu mengurangi sakit gigi. Salep dan gel medis pereda rasa sakit yang mengandung benzokain dapat meredakan rasa sakitnya. Namun, benzokain tidak boleh digunakan pada anak-anak.

Baca juga: Cegah Sakit Gigi saat Hamil dengan Lakukan Ini Yuk, Mums!

5. Kumur-kumur Menggunakan Air Garam

Kumur-kumur menggunakan air garam merupakan salah satu cara mengatasi sakit gigi di malam hari yang paling umum. Air garam merupakan bahan antibakteri alami, sehingga dapat meredakan inflamasi. Kemudian hal ini akan membantu melindungi kerusakan gigi dari infeksi.

Baca Juga :  3 Cara Mengatasi Sakit Gigi Tanpa Obat

Kumur-kumur menggunakan air garam juga dapat membantu mengangkat sisa-sisa makanan yang terselip di gigi.

6. Teh Peppermint

Mengemut kantung teh peppermint juga dapat membantu meredakan sakit gigi di malam hari untuk sementara. Menurut penelitian, peppermint mengandung senyawa antibakteri dan antioksidan.

7. Cengkeh

Cengkeh mengandung eugenol, bahan yang bisa meredakan sakit gigi. Eugenol bekerja sebagai analgesik, artinya bahan ini bisa meredakan sakit atau membuat mati rasa. Untuk menggunakan cengkeh sebagai salah satu cara mengatasi sakit gigi di malam hari, kunyah atau tempelkan satu cengkeh pada gigi yang sakit.

8. Bawang Putih

Bawang putih mengandung allicin, yaitu bahan yang memiliki efek antibakteri dan dapat membantu membunuh bakteri di dalam mulut yang bisa menyebabkan sakit gigi. Untuk meredakan sakit gigi di malam hari, letakkan bawang putih di dekat gigi yang sakit. (UH)

Baca juga: Waspada Barodontalgia, Nyeri Gigi saat Diving

Sumber:

MedicalNewsToday. How to get rid of a toothache at night. Agustus 2019.
Bayan, L. Garlic: A review of potential therapeutic effects. 2014

Comment