Patroli Skala Besar Polda, TNI dan Forkopimda Banten Jamin Nataru Aman

KalbarOnline.com – Usai melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Lilin Kalimaya 2020, Kepolisian Daerah (Polda) Banten kembali melaksanakan patroli skala besar guna menjamin keamanan perayaan natal dan tahun baru di provinsi tersebut.

Patroli skala besar ini dilakukan oleh personel Polda Banten bersama TNI, Dishub, Satpol-PP dan Damkar dengan menyusuri jalur utama Kota Serang. Keberangkatan personel patroli gabungan skala besar dilepas langsung oleh Kapolda Banten Irjen Fiandar.

“Sinergitas pengamanan ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada setiap masyarakat sebelum, sesaat perayaan Natal 2020 dan setelah perayaan tahun baru 2021 dalam rangkaian operasi pengamanan Nataru,” kata Fiandar.

Fiandar menambahkan bahwa keterpaduan unsur lintas sektoral dalam pengamanan ini sangat diperlukan guna mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif saat Nataru 2020 di wilayah provinsi banten.

Baca Juga :  Wartawan Jadi Target Operasi, Republik Ini Dianggap Makin Nggak Asyik

“Kami dari Polda Banten bersama Korem 064/MY dan Forkopimda Banten sepakat untuk memaksimalkan pengamanan bersama. Secara sinergis, terpadu dalam operasi kemanusian yang di gelar di wilayah hukum Polda Banten yang dilaksanakan selama 15 hari, mulai dari tanggal 21 Desember 2020 hingga dengan tanggal 4 Januari 2021,” ucap Fiandar.

“Dalam pelaksanaan pengamanan Nataru di Wilayah hukum Polda Banten, kami telah mempersiapkan 932 personel Polda dan jajaran, 270 personel TNI, serta 864 personel instansi terkait lainnya,” sambungnya.

Menurut Fiandar, personel tersebut akan ditempatkan di 39 POS pengamanan. Selain itu, juga ada 7 Pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan, dan 84 Pos Gatur untuk melaksanakan pengaturan lalu lintas.

Baca Juga :  Tim Pemenangan Isdianto-Suryani Semakin Solid dan Tersebar Merata di Kepri

Sementara itu kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi menyampaikan bahwa Polda Banten bersama TNI, instansi terkait dan Satgas Covid-19 berupaya agar pada pelaksanaan Natal dan tahun baru dibatasi waktu maupun kapasitas tempat untuk menghindari kerumunan yang berpotensi pada penyebarn Covid -19.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan perayaan Tahun Baru 2021 dengan tidak melakukan konvoi dan kegiatan yang berpotensi terjadinya kerumunan saat libur Nataru. Lebih baik di rumah saja, kalaupun ada keperluan mendesak yang diharuskan keluar rumah, patuhi protokol kesehatan yang ada seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” tutup Edy Sumardi. [ind]

Comment