Jaja Titip Banyak PR, 7 Anggota KY Periode 2020-2025 Resmi Bertugas

KalbarOnline.com – Tujuh Anggota Komisi Yudisial (KY) periode 2020-2025 telah mengucapkan sumpah dihadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (21/12). Mereka adalah M. Taufiq HZ, Joko Sasmito, Sukma Violetta, Binziad Kadafi, Amzulian Rifai, Mukti Fajar Nur Dewata dan Siti Nurdjanah.

Usai pengucapan sumpah jabatan, ketujuh anggota KY yang baru mengikuti serah terima jabatan dan pisah sambut dengan Anggota KY lama di bawah pimpinan Jaja Ahmad Jayus. Acara itu digelar di Gedung KY dengan mematuhi protokol kesehatan

Ketua KY periode 2015-2020 Jaja Ahmad Jayus dan Ketua KY sementara Periode 2020-2025 Taufiq HZ menandatangani berita acara serah terima jabatan. Serah terima jabatan ini ditandai dengan penyerahan memori jabatan Pimpinan dan Anggota KY Periode 2015-2020.

“Memori jabatan ini merupakan gambaran singkat pencapaian kinerja lembaga dan pekerjaan yang belum selesai sehingga bisa menjadi pegangan untuk menata KY ke depan,” ucap Jaja.

Jaja menyampaikan, terdapat beberapa pekerjaan jangka pendek secara eksternal yang perlu dinilai penting untuk diselesaikan, yaitu pembahasan RUU KY, pemeriksaan bersama MA, penyelesaian laporan yang lebih cepat dan tepat waktu.

Baca Juga: Suhada: Polisi Memberi Tahu, Bahwa Anak Bapak Kami Bunuh

“Semoga Anggota KY periode 2020-2025 diberikan kekuatan sehingga dapat memikul tanggung jawab untuk membesarkan, menjaga khitah Komisi Yudisial sebagai satu lembaga yang mampu mendorong dan mewujudkan peradilan yang agung di masa yang akan datang,” ujar Jaja.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua sementara KY periode 2020-2025 M. Taufiq HZ menyampaikan terima kasih kepada Anggota KY 2015-2020 yang telah memberikan memori jabatan ini. Sehingga bisa menjadi pegangan kepada Anggota KY periode 2020-2025 saat melaksanakan tugas nantinya.

BACA JUGA:  Komisi Yudisial Ajak Wartawan dan Mahasiswa Bantu Awasi Hakim

“Kami berharap semua elemen di KY dapat membantu kami. Mari kita bersama menyatukan visi dan misi untuk penguatan kelembagaan, SDM dan anggaran. Mari kita bersama atasi semua persoalan yang dihadapi lembaga ini,” pungkas Taufiq.

Pelaksanaan serah terima jabatan dan pisah sambut digelar dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat dari para tamu undangan terbatas yang hadir.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Anggota KY Periode 2015-2020, Wakil Ketua MPR RI Arsul Sani, Plt Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Aco Nur dan pejabat struktural eselon 2 dan 3 serta sebagian besar pegawai KY lainnya yang mengikuti acara secara daring.

Comment