Hasil Bertapa di Studio, Irine Akhirnya Rilis Single Tanpa Suara 

KalbarOnline.com – Penyanyi Irine Septiani kembali merilis single terbaru bertajuk “Tanpa Suara”. Lagu ini memiliki jarak sekitar 2 tahun dari single sebelumnya, berjudul “Aku Bisa”.

Irine yang memulai karir di dunia hiburan lewat ajang pencarian bakat Indonesian Idol 2018 dan sempat menjadi backing vokal Judika baru bisa membuat single lagi setelah sekitar 2 tahun.

Diketahui, selama ini dia lebih sibuk dengan job off air. Namun, pandemi Covid-19 memaksanya harus benar-benar berada di rumah. Hal ini lantas membuatnya kepikiran mengeluarkan single lagi.

“Maka di masa pandemi ini Irine memutuskan untuk ‘bertapa’ di studio, maka lahirnya single Tanpa Suara,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima KalbarOnline.com Senin (21/12).

Dalam single terbaru, Irine melibatkan Choky Cassandra dan Zack dalam proses pembuatannya.  Mereka banyak membantu proses penggarspan single ini.

Baca Juga :  Marak Kabar Perselingkuhan, Bunga Zainal Bagikan Tips Agar Suami Terhindar dari Pelakor

Baca Juga: Tolak Bela Habib Rizieq, Yusril: Kenapa Tidak Minta Bantuan Prabowo?

Baca Juga: Suhada: Polisi Memberi Tahu, Bahwa Anak Bapak Kami Bunuh

“Mereka lah yang meracik’ lagu Tanpa Suara ini menjadi indah yang tidak terlihat tapi terasa sampai ke jiwa,” tutur Irine melayangkan pujian.

Lagu ‘Tanpa Suara’ mengisahkan tentang sepasang kekasih yang ketika ada masalah, salah satu pasangan hanya diam-diam saja, tidak mau cerita, tidak mau bicara, dan memilih memendam sendiri. Padahal hal itu bukan lah tindakan yang tepat. Karena masalah yang dipendam bisa menjadi akumulasi dan bisa meledak suatu saat kelak.

“Tanpa suara itu menjadikan peribahasa “Diam Itu Emas” tidak selamanya benar,” kata Irine.

Dia juga mengungkapkan proses pembuatan lagu ‘Tanpa Suara’ mengalami beberapa kendala teknis. Karena satu dan lain hal, Irine dan tim terpaksa membongkar ulang beberapa bagian supaya lagunya bisa terdengar lebih perpect. Khususnya pada bagian tempo dan isian instrumen.

Baca Juga :  Siva Aprilia: Dielus-elus Dulu, Baru Diajak Jalan

“Termasuk tahap proses mixing sampai mastering ada 7 kali revisi dan 4 orang mixing mastering engineer,” tuturnya.

Kesulitan lainnya terletak pada proses pembuatan video klip. Irine mengaku proses pembuatan musik videonya sempat terhalang proses perizinan akibat dilakukan di tengah pandemi. Namun pada akhirnya kendala bisa ditanggulangi. Video klip lagu Tanpa Suara menggandeng artis TikTok Asyraf Jamal dengan sentuhan simpel.

“Lihat, dengar, dan rasakan.. Tanpa Suara mengungkapkan sesuatu yang tidak dapat dikatakan dan yang tidak mungkin untuk diam. Semoga single Tanpa Suara ini bisa diterima oleh pencinta musik Indonesia,” tandasnya.

Comment