China Bantu Pakistan Bayar Hutang ke Arab Saudi, Setuju Pinjamkan 1,5 Miliar USD

KalbarOnline.com – Pemerintah Pakistan bisa bernapas lega untuk sementara waktu, menyusul tekanan Arab Saudi terhadap negara tersebut untuk segera membayar hutang mereka senilai 2 miliar $. Baru-baru ini dikabarkan, China telah setuju untuk menyelamatkan Pakistan dengan memberinya pinjaman $ 1,5 miliar untuk membantu membayar hutang tersebut.

Diberitakan alaraby.co.uk yang mengutip sumber anonim di Kementerian Keuangan, laporan itu menyatakan bahwa Pakistan akan membayar $ 1 miliar pertama dari jumlah utang mereka ke Arab Saudi pekan ini. Sementara pembayaran kedua jatuh tempo pada Januari.

Uang tersebut tidak diberikan sebagai pinjaman komersial maupun dari Administrasi Valuta Asing China. Sebaliknya, pinjaman itu diberikan melalui keputusan untuk meningkatkan Perjanjian Pertukaran Mata Uang bilateral (CSA) antara kedua sekutu dengan tambahan 10 miliar Chinese Yuan atau sekitar $ 1,5 miliar.

Baca Juga :  Ini Alasan Subsidi Gaji Belum Masuk ke Rekening Karyawan

Desakan agar Pakistan membayar hutang ke Arab Saudi dinilai sebagai aksi balas dendam pihak kerajaan atas seruan pemerintah Pakistan agar Riyadh mengadakan pertemuan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk membahas masalah Kashmir.

Namun seruan itu ditolak. Imbasnya, perjanjian pinjaman  senilai $ 3 miliar dan fasilitas kredit minyak sebesar $ 3,2 miliar langsung dihentikan, yang menandai putusnya hubungan antara Riyadh dan Islamabad dalam beberapa tahun terakhir.

Hubungan bilateral memburuk lebih jauh ketika Putra Mahkota Saudi Mohammad Bin Salman menolak untuk bertemu dengan Kepala Staf militer Pakistan selama kunjungan terakhir ke Riyadh beberapa waktu lalu.

Baca Juga :  Usulan Ambang Batas 7 Persen Sangat Baik Untuk Penyederhanaan Partai

Saat itulah Menteri Luar Negeri Pakistan mengunjungi China, dengan tujuan untuk memperkuat hubungan dengan Beijing dan untuk melihat dukungan ekonomi apa yang dapat ditawarkannya.

Sementara selama beberapa dekade, kerajaan kaya itu menyalurkan miliaran bantuan kepada sekutunya – dan musuh musuhnya – dalam upaya untuk memperkuat posisinya sebagai kekuatan Arab dan pemimpin dunia Muslim.

Awal tahun ini, Riyadh tiba-tiba mengakhiri pinjaman $ 6,2 miliar dan kesepakatan pasokan minyak ke Pakistan atas kritik terhadap sikap kerajaan terhadap krisis Kashmir, memaksa Islamabad untuk membayar kembali $ 1 miliar yang sudah dicairkan. [ind]

Comment