by

7 Anggota KY Ucapkan Sumpah Jabatan di Depan Jokowi dan Ma’ruf Amin

KalbarOnline.com – Anggota Komisi Yudisial (KY) masa jabatan 2020-2025 yang lolos uji kelayakan dan kepatuhan atau fit and proper test di Komisi III DPR mengucapkan sumpah jabatannya, di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Pengangkatan tujuh Anggota KY tersebut berdasarkan pada, Keputusan Presiden RI Nomor 131/P2020 tentang Pemberhentian dengan Hormat Anggota KY Masa Jabatan 2015-2020 dan Pengangkatan Anggota KY masa Jabatan tahun 2020-2025.

Setelah itu ketujuh Anggota KY masa jabatan 2020-2025 mengucapkan sumpah dan janjinya di hadapan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

“Demi Allah saya bersumpah dengan sungguh-sungguh bahwa saya untuk melaksanakan tugas ini langsung atau tidak langsung dengan menggunakan nama atau cara apapun juga tidak memberikan atau menjanjikan sesuatu apapun kepada siapapun juga,” kata tujuh Anggota KY saat membacakan sumpah di Istana Negara, Senin (21/12).

“Bahwa saya senantiasa akan menolak dan tidak menerima atau tidak mau dipengaruhi oleh campur tangan siapapun juga dan saya akan tetap teguh melaksanakan wewenang dan tugas saya yang diamanatkan UU kepada saya,” tambahnya.

Berikut ini nama-nama calon Anggota KY periode 2020-2025: Joko Sasmito (unsur mantan hakim), M Taufiq Hz (unsur mantan hakim), Sukma Violetta (unsur praktisi hukum), Bin Ziyad Khadafi (unsur praktisi hukum), Amzulian Rifai (unsur akademisi hukum), Mukti Fajar Nur Dewata (unsur akademisi hukum) dan Siti Nurjanah (unsur masyarakat).

Sebelumnya, Komisi III DPR telah selesai menjalani uji kelayakan dan kepatuhan atau fit and proper test terhadap tujuh calon anggota Komisi Yudisial (KY) masa jabatan 2020-2025 yang diusulkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca juga: 120 Orang Daftar Anggota KY Periode 2020-2025, 3 dari Petahana

Ketua Komisi III DPR, Herman Hery mengatakan atas pandangan dari sembilan fraksi yang ada di DPR. Maka semuanya menyetujui tujuh nama yang telah diusulkan oleh Jokowi tersebut.

“Atas dapat pandangan fraksi-fraksi apakah dapat disepati (tujuh nama anggota KY-Red),” ujar Herman Hery di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (2/12).

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment

News Feed