6 Manfaat Belerang untuk Kesehatan Kulit, Satu Bahan Sejuta Manfaat

Jika membahas soal perawatan kulit, maka tidak akan ada habisnya. Kamu mungkin akan mempertimbangkan asam hialuronat untuk menyegarkan dan melembapkan kulit, asam salisilat untuk mengobati jerawat, belum lagi bahan lainnya yang mengklaim mampu melindungi kulit dari penuaan, mempromosikan kulit bersih, atau menghilangkan noda hitam.

Tapi, tidak banyak yang terpikirkan soal belerang. Padahal, mineral yang berbau menyengat ini ternyata bisa bermanfaat bagi kulit dengan cara yang tidak terduga. Belerang adalah mineral alami yang ditemukan di mata air panas, tanah liat, dan abu vulkanik. Juga sebagai trace mineral dalam tubuh manusia. Selain itu, belerang menawarkan banyak manfaat bagi kulit. Apa sajakah itu?

Baca juga: Menjaga Kesehatan Kulit Wajah ala Song Hye Kyo

Manfaat Belerang untuk Kesehatan Kulit

Inilah beberapa manfaat dahsyat belerang bagi kesehatan kulit dirangkum dari laman Healthline dan The Healthy.

1. Mengeksfoliasi kulit

Belerang memiliki sifat keratolitik, yang artinya memicu pengelupasan ringan pada lapisan atas kulit. Ini membantu membersihkan sel kulit mati yang dapat memicu pori-pori tersumbat, jerawat, tekstur tidak rata, dan kusam. Kamu bisa mengoleskan belerang sebagai makser untuk mengelupas sel kulit mati, menyedot minyak, dan menghalau jerawat.

2. Mengatasi masalah kulit berjerawat

Produk jerawat topikal dengan benzoyl peroxide bisa jadi terlalu keras untuk kulit sensitif, memicu iritasi dan pengelupasan, serta reaksi alergi pada beberapa orang. Sebagai alternatifnya, kamu bisa menggunakan belerang untuk mengatasi jerawat. Belerang merupakan bahan yang lebih lembut untuk menghilangkan noda hitam sekaligus mengurangi jerawat dengan mencegah jerawat baru tumbuh dan menyebar.

3. Menyamarkan bekas jerawat

Jika kamu memiliki riwayat jerawat, kemungkinan besar kamu juga memiliki beberapa bekas jerawat. Bekas jerawat dapat memiliki warna dan ukuran yang beragam, dan hampir semuanya sulit untuk dihilangkan.

BACA JUGA:  Berdarah saat Berhubungan Seks Ketika Hamil? Ini Penyebabnya!

Karena belerang mampu mengeringkan dan mengangkat sel kulit mati, secara teori belerang dapat membantu mengurangi munculnya luka bekas jerawat juga. Namun, belerang tidak disarankan menjadi perawatan pertama untuk mengatasi bekas jerawat.

Baca juga: Menjaga Kesehatan Kulit Wajah ala Song Hye Kyo

4. Mengurangi whiteheads and blackheads

Whitehead dan blackhead adalah bentuk jerawat yang paling ringan dan diklasifikasikan sebagai noninflamasi. Whitehead dan blackhead terbentuk ketika minyak dan sel kulit mati bergabung dan tersangkut di folikel rambut. Jika pori yang tersumbat terbuka di bagian atas, itu dinamakan blackhead. Jika pori yang tersumbat memiliki bagian atas yang tertutup, maka disebut sebagai whitehead.

Belerang merupakan salah satu perawatan jerawat yang dapat membantu mengatasi whitehead dan blackhead karena menargetkan dua elemen utama, yaitu sel kulit mati dan sebum. Juga, belerang lebih dapat digunakan bagi individu yang memiliki kulit sensitif daripada obat jerawat lainnya, seperti asam salisilat.

5. Mengatasi rosacea

Belerang dapat membantu mengobati rosacea, yaitu kondisi kronis yang menyebabkan kemerahan pada kulit. Belerang berfungsi mengurangi peradangan dan membunuh bakteri, sehingga membantu meredakan gejala rosacea.

Selain menggunakan belerang langsung, kamu juga dapat membeli krim kulit yang mengandung belerang. Krim yang mengandung belerang bahkan kadang-kadang diresepkan sebagai alternatif antibiotik.

6. Mengurangi tanda penuaan

Belerang bagian penting dari produksi kolagen alami. Tapi seiring bertambahnya usia, belerang menipis, yang membuat kulit menjadi rentan terhadap kerusakan radikal bebas dan kerusakan kolagen lebih lanjut, yang menyebabkan keriput dan kendur. Ditambah, bakteri berbahaya juga dapat merusak kulit dan mempercepat proses penuaan.

Menjaga kebersihan kulit dapat membantu mengurangi bakteri, yang kemudian membantu mencegah kerusakan sebelum benar-benar terjadi. Untuk membantu mencegah dan mengurangi tanda-tanda penuaan, kamu perlu menggunakan belerang secara topikal untuk merawat kulit.

BACA JUGA:  Mitos atau Fakta, Makan Cokelat Bikin Wajah Jerawatan?

Demikianlah beberapa manfaat belerang bagi kesehatan kulit. Selain menggunakan belerang secara langsung, kamu juga bisa mendapatkan manfaat belerang dengan menggunakan krim-krim yang mengandung belerang. Terutama jika kamu tidak tahan dengan bau belerang yang cukup menyengat.

Baca juga: Lakukan 7 Hal Ini Jika Ingin Menua dengan Sehat

Sumber:

https://www.thehealthy.com/beauty/face-body-care/benefits-of-sulfur/

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/sulfur-for-acne

Comment