by

Push Rank Sepuasnya! Ini 7 Tips Hemat Kuota bagi Para Gamer

KalbarOnline.com – Tidak ada yang bisa menyangkal jika bermain game bersama banyak orang pasti jauh lebih seru dan mengasyikkan ketimbang sendirian. Sensasi memenangkan pertandingan di sebuah game melawan orang lain bisa menjadi suatu pengalaman yang tak terlupakan. Belum lagi perasaan bangga karena merasa bermain lebih jago dari semua lawan.

Karena memberikan pengalaman bermain yang lebih seru, tak ayal jika game online semakin hari semakin banyak digandrungi oleh para gamer. Genre dan platform permainan berbasis online tersebut pun juga mulai banyak ragamnya. Tidak hanya tersedia di platform komputer maupun konsol, game online juga banyak bermunculan dan diminati di smartphone.

Bahkan, bisa dibilang, kini komunitas game di smartphone sudah tidak terhitung jumlahnya. Alasannya karena memang game online pada smartphone bisa diakses oleh lebih banyak orang dan bisa dinikmati secara gratis alias tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun.

Namun, karena harus dimainkan secara online, bermain game di smartphone bisa menyedot kuota internet dengan cepat. Alhasil, paket data internet yang seharusnya cukup hingga akhir bulan, malah harus beli lagi karena kuotanya sudah habis. Hal ini tentu bisa membuat isi dompet semakin menipis dan akhirnya kering.

Akan tetapi, sekarang ini sudah banyak provider internet yang menyediakan paket khusus gaming untuk para penggunanya. Misalnya paket internet Smartfren Super 4G Games, GameMax dari Telkomsel, dan masih banyak lagi lainnya.

Meskipun begitu, Anda juga tetap perlu berhemat agar pemakaiannya bisa lebih awet. Berikut adalah 7 tips agar kuota internet tetap hemat meski sering digunakan untuk bermain game online tanpa henti.

1. Atur Batas Penggunaan Kuota
Cara pertama agar kuota internet tidak cepat habis saat bermain game adalah dengan membatasi penggunaannya. Setiap smartphone pasti memiliki fitur pembatas pemakaian kuota.

BACA JUGA:  Pasar Tablet Global Dilaporkan Tumbuh Untuk Pertama Kalinya Sejak 2014

Untuk mengaktifkannya, kamu bisa ke menu Setelan, pilih opsi Penggunaan Data, lalu ke Siklus Penagihan, dan ketuk Batas Data dan Siklus Tagihan. Dalam menu tersebut, kamu dapat menentukan batas maksimum pemakaian kuota internet setiap harinya. Dengan begitu, saat sudah mencapai jumlah tersebut, koneksi internet dari mobile data akan secara otomatis terputus.

2. Mainkan Game Berukuran Kecil
Ada ribuan judul game online yang bisa kamu pilih dan mainkan di smartphone. Namun, jika kamu ingin kuota tetap hemat meski digunakan untuk bermain game terus-menerus, pilih game yang memiliki ukuran kecil. Alasannya karena game dengan ukuran kecil cenderung lebih sedikit memakan kuota internet, sebagai contoh saat dimainkan atau membutuhkan update versi.

Walaupun ukurannya kecil, banyak game tersebut bisa sangat populer dan memberikan kepuasan bermain yang tidak kalah serunya. Asalkan kamu sering mencari judul game dengan genre yang kamu sukai dan dapat dimainkan bersama banyak orang, seperti Among Us.

3. Non-Aktifkan Fitur Update Otomatis
Beberapa waktu sekali, setiap aplikasi yang terpasang pada smartphone akan melakukan update guna menyematkan fitur baru ke dalamnya, termasuk pada aplikasi game online. Nah, agar tidak menyesal, matikan fitur update otomatis pada smartphone. Melainkan, perbaharui versi game dan semua aplikasi di ponsel kamu saat terhubung Wi-Fi agar kuota internet tetap aman dan tidak terbuang percuma.

4. Jangan Gunakan Aplikasi Lain saat Bermain Game
Kebiasaan sebagian orang untuk bermain game sambil asyik melihat media sosial di sela permainan. Padahal, habit ini bisa membuat kuota internet dan baterai smartphone dapat terkuras dengan sangat cepat. Jadi, hilangkan kebiasaan bermain game sambil aktif menggunakan aplikasi lain demi masa depan kuota dan baterai yang lebih terjaga!

BACA JUGA:  Dukung Kerja Remote, LINE Group Call Bisa Panggilan Konferensi Hingga 200 Orang

5. Cari Lokasi dengan Sinyal yang Lancar
Tidak hanya membuka aplikasi lain, bermain game online di tempat yang sulit sinyal bisa membuat kuota terbuang percuma dan baterai cepat habis, loh! Koneksi yang sering terputus tentu membuat permainan menjadi tidak menyenangkan dan kinerja ponsel menjadi lebih berat karena berusaha mencari sinyal. Dalam kata lain, jika memang kamu berada di lokasi yang susah sinyal, jangan paksakan untuk bermain game.

6. Streaming dengan Kualitas Rendah
Sumber hiburan di smartphone memang tidak hanya bermain game saja, namun juga bisa streaming musik ataupun video. Akan tetapi, dengan kuota internet yang terbatas, kamu harus bisa memilih antara bermain game atau melakukan streaming.

Tak perlu risau, ada jalan tengah yang bisa kamu pilih kok agar keduanya bisa tetap dinikmati. Yaitu dengan mengatur kualitas video atau musik menjadi lebih rendah agar kuota internet tidak banyak terpakai. Dengan begitu, hobi bermain game kamu akan tetap bisa terpenuhi.

7. Rutin Cek Kuota yang Tersisa
Tanpa disadari, beberapa aplikasi mungkin saja menyedot kuota dalam jumlah besar. Sebagai contoh, Instagram pasti bisa menguras kuota internet hingga ratusan Mb setiap kali digunakan. Untuk mengakalinya, kamu bisa rutin memeriksa jumlah kuota yang tersisa dan mencari tahu aplikasi apa saja yang paling banyak menggerusnya.

Dengan cara ini, kamu bisa memutuskan apakah aplikasi-aplikasi tersebut benar-benar membutuhkan akses koneksi internet atau tidak. Jika tidak terlalu penting, tidak ada salahnya untuk memblok izin pemakaian koneksi internet agar kuota internet bisa digunakan untuk hal yang lebih penting.

Kuota Internet Terjaga, Bisa Push Rank sampai Puas!
Game online memang banyak dijadikan sebagai pelarian di antara penatnya menjalani aktivitas sehari-hari. Dengan memastikan kuota internet terjaga, hobi kamu bermain game online di smartphone pasti bisa selalu terpenuhi. Jadi, jangan lupa untuk melakukan tips di atas agar kuota internet bisa tetap hemat.

Comment

Terbaru