Akhir Tahun 2020 Ini, Pembangunan Jalan Tol Cibadak-Pelabuhan Ratu Mulai Dibangun

Kementerian PUPR gelar konsultasi publik terkait pembahasan pembangunan Tol Cibadak – Pelabuhan Ratu.

Pembahasan dilakukan secara virtual melalui video conference bersama Penjabat Sekda Kabupaten Sukabumi, Zainul S, Jumat (18/12/2020).

Sekretaris Pengatur Jalan Tol, Yongki, menyatakan, pembahasan ini dilaksanakan untuk menggali masukan dari berbagai pihak terkait proyek pengembangan Jalan Tol Cibadak – Pelabuhan Ratu yang rencananya akan dimulai pada akhir Desember 2020.

“Tol yang direncanakan sepanjang 34,5KM ini, bisa mengkoneksikan wilayah Selatan Sukabumi. Termasuk membuka akses Geopark Ciletuh,” ujar Yongki, Jumat (19/12).

Baca Juga :  Mobilitas Masih Tinggi, Jokowi Kecewa PPKM Tidak Efektif

Masih kata Yongki, Jalan tol yang dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT  Trans Jabar Tol ini, berfungsi untuk memperlancar distribusi barang dan jasa sehingga, diharapkan bisa menurunkan biaya logistik.

“Serta mendukung pengembangan potensi ekonomi di kawasan Sukabumi yang selama ini terhambat akibat keterbatasan aksesibilitas,” ucapnya.

Baca Juga :  Masih Covid, Menaker Ida Minta Serikat Pekerja Urungkan Aksi Mogok Nasional    

Lebih jauh Yongki menjelaskan, Pembangunan tol nantinya dibagi menjadi empat sesi dan diproyeksikan selesai pada tahun 2024 mendatang.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Sukabumi, Zainul S menyatakan apresiasi atas rencana pembangunan Tol Cibadak – Pelabuhan Ratu.

Zainul memastikan, keberadaan tol mampu mendongkrak kemajuan Kabupaten Sukabumi.

“Termasuk mempercepat pembangunan daerah berbasis kawasan,” kata Zaenul.

“Tentunya akan menciptakan iklim usaha yang sehat akan menarik minat investor ke Sukabumi,” pungkasnya.(*)

Comment