by

Jangan Salah, Olahraga saat Mentruasi Banyak Manfaatnya, Lho!

Tak bisa dipungkiri, saat menstruasi ada banyak keluhan pada tubuh yang membuat seorang wanita mungkin jadi malas untuk beraktivitas, apalagi berolahraga. Akan tetapi, berolahraga saat menstruasi, selama dilakukan dengan cara yang tepat dan tidak berlebihan, sebenarnya justru memberikan manfaat lho bagi tubuh. Yuk, cari tahu selengkapnya mengenai manfaat dan cara tepat berolahraga saat menstruasi.

Baca juga: Ketahui Siklus Menstruasi Wanita Sesuai Umur

Manfaat Olahraga Selama Menstruasi

Manfaat bagi fisik dan mental dari berolahraga tidak akan hilang begitu saja hanya karena Kamu sedang menstruasi. Faktanya, menjalankan rutinitas olahraga justru sebenarnya dapat membantu meringankan beberapa keluhan umum yang menyertai menstruasi.

Menurut Dr. Christopher Holligsworth, menstruasi adalah momen yang sangat kompleks dari sisi hormonal. Baik progesteron dan estrogen, hormon-hormon ini berada pada titik terendah selama fase menstruasi. Kondisi inilah yang membuat wanita mungkin merasa mudah lelah dan kurang energik.

Namun, menghindari olahraga juga tidak berarti dapat menghemat energi atau membuatmu merasa lebih baik. Alih-alih tidak berolahraga selama menstruasi, lebih baik cobalah untuk menggunakan masa-masa ini untuk tetap mencoba melakukan aktivitas fisik. Untuk lebih jelasnya, berikut ini 5 manfaat olahraga selama menstruasi.

1. Meredakan gejala PMS

Jika Kamu mengalami kelelahan dan perubahan suasana hati pada hari-hari menjelang atau selama menstruasi, olahraga aerobik yang teratur dapat mengurangi gejala-gejala ini.

2. Meningkatkan hormon endorfin

Olahraga dapat membantu meningkatkan hormon endorfin secara alami. Hormon endorfin yang tinggi dapat meningkatkan suasana hati dan membuatmu merasa lebih baik. Brandon Marcello, PhD., percaya bahwa salah satu manfaat utama dari olahraga saat sedang menstruasi adalah pelepasan endorfin. Endorfin adalah obat penghilang rasa sakit alami. Oleh karenanya, ketika Kamu berolahraga saat mestruasi, hormon ini akan dilepaskan dan membuat Kamu merasa lebih nyaman.

3. Merasa lebih berenergi

Satu studi menemukan bahwa dua minggu pertama siklus menstruasi memungkinkanmu mengalami peningkatan energi dan kekuatan karena rendahnya tingkat hormon wanita. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba tetap beraktivitas seperti biasa, termasuk berolahraga.

4. Meningkatkan mood

Pelatih serta pendiri Birthfit, Dr. Lindsey Mathews, mengatakan bahwa berolahraga selama menstruasi dan juga sirkulasi dalam tubuh. Olahraga juga dapat membantu meredakan kram, sakit kepala, atau sakit punggung yang biasanya muncul selama menstruasi.

5. Mengurangi rasa sakit yang timbul selama menstruasi

Rasa sakit yang timbul selama menstruasi, atau disebut juga dengan dismenore memang membuat tidak nyaman. Namun, kabar baiknya, olahraga seperti jalan santai dapat membantu mengurangi keluhan ini.

Baca juga: 5 Penyebab Sakit Kepala saat Menstruasi

Apa Saja Olahraga yang Cocok Dilakukan Selama Menstruasi?

Beberapa hari pertama menstruasi mungkin adalah fase-fase yang paling tidak nyaman. Hal ini tentu saja karena selama awal-awal menstruasi, ada banyak darah yang dikeluarkan. Namun, Kamu masih bisa melakukan beberapa olahraga ringan yang berfokus pada gerakan santai. Nah, berikut ini ada beberapa ide olahraga yang cocok untuk dilakukan selama menstruasi.

1. Jalan kaki santai atau latihan kardio ringan

Lakukan latihan kardiovaskular atau aerobik pada intensitas yang lebih rendah dari biasanya atau kurangi repetisi. Selain itu, Kamu juga bisa mencoba berjalan kaki santai. Sebuah penelitian mengatakan bahwa paru-paru bekerja lebih baik saat mentruasi. Jadi, pertimbangkan untuk melakukan aktivitas fisik tersebut selama menstruasi.

2. Yoga dan pilates

Dua hingga tiga hari menjelang menstruasi adalah waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas seperti yoga, yang dapat membantu merelaksasi tubuh. Yoga dan pilates juga dapat membantu mengurangi gejala seperti kram, nyeri payudara, serta nyeri otot. Namun, tetap lakukan dalam intensitas ringan hingga sedang sesuai dengan kemampuan tubuhmu, ya.

Tuh kan, siapa bilang saat menstruasi Kamu tidak bisa melakukan olahraga? Justru sebaliknya, Kamu harus tetap melakukan aktivitas fisik dan olahraga ringan. Pasalnya, hal ini malah bisa membantu meredakan sejumlah keluhan yang sering muncul saat menstruasi, Gengs! (BAG)

Baca juga: Mood Swing saat Menstruasi Apa Penyebabnya?

Referensi

Healthline. “Can You Exercise on Your Period?“.

Comment

Terbaru