DPR Minta Vaksin Covid-19 Gratis untuk Rakyat Dipastikan Aman

KalbarOnline.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan kalkulasi ulang, hitung ulang mengenai keuangan negara, menyampaikan vaksin Covid-19 ke masyarakat akan gratis. Presiden Jokowi memerintahkan kepada seluruh jajaran kabinet dan pemerintah daerah agar memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021.

Anggota Komisi VI DPR Marwan Jafar mengatakan, dua bulan yang lalu atau tepatnya awal Oktober pihaknya telah beberapa kali mengingatkan pula betapa sangat pentingnya mulai dari rapid test sampai vaksin Covid-19 diprioritaskan gratis buat warga masyarakat yang kurang mampu.

Marwan mengaku sudah menyampaikan persoalan itu pada kesempatan rapat dengar pendapat di Komisi VI DPR dengan Dirut PT Kimia Farma, Biofarma, Indofarma, dan Phapros (5/10). “Sekali lagi, ya, termasuk menggratiskan vaksin buat rakyat ini adalah sebagai bukti kehadiran negara, representasi tanggung jawab pemerintah serta merupakan amanah dari perintah konstitusi kita,” ujar Marwan kepada wartawan, Jumat (18/12).

Baca Juga :  Vaksin Covid-19 Tiongkok Manjur Tambah Lagi, Sinopharm Telah Disetujui

Baca juga: Jokowi Putuskan Pemberian Vaksin Covid-19 Gratis Buat Masyarakat

Di samping itu, menurut Marwan tidak kalah penting adalah aspek keamanan dari pemakaian vaksin. Terutama dari sisi ilmiah seperti harus telah melalui uji klinis tahap ketiga, meski boleh jadi vaksin telah ditunggu oleh warga masyarakat dan pemerintah meyakininya sebagai semacam senjata pamungkas untuk memutus mata rantai penularan virus Korona.

Selanjutnya masalah transparansi data mulai dari berapa banyak ketersediaan vaksin, bagaimana mekanisme dan distribusinya hingga siapa pemakai yang mendapat prioritas pemberian dan sebagainya, mesti dijelaskan oleh pemerintah.

“Saya juga menyarankan, demi kelancaran atau suksesnya vaksinasi Covid ini, arah dan arus komunikasi atau informasi dari pemerintah ke publik harus jelas dan benar. Katakanlah juru bicara dari pemerintah misalnya satu pintu, agar kesimpangsiuran informasi dan kebingungan publik bisa dihindari seoptimal mungkin,” ujarnya.

Baca Juga :  Gubernur Kalbar Ucapkan Selamat Atas Terpilihnya OSO Sebagai Ketum Gebu Minang 2022-2027

Sebelumnya, Presiden Jokowi memutuskan vaksin Covid-19 akan diberikan gratis kepada seluruh rakyat Indonesia. Hal ini dikatakan Presiden Jokowi setelah dirinya menerima banyaknya masukan dari masyarakat. Kemudian juga melakukan kalkulasi ulang.

“Jadi setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan setelah melakukan kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis. Sekali lagi gratis tidak dikenakan biaya sama sekali,” ujar Jokowi.

Untuk itu Presiden Jokowi menginstruksikan dan memerintahkan kepada seluruh jajaran kabinet kementerian, lembaga dan pemerintah daerah untuk memprioritaskan program vaksinasi pada tahun 2021.

Jokowi juga menginstruksikan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk memprioritaskan dan merealokasi dari anggaran lain terkait ketersediaan dan vaksinasi secara gratis tersebut.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment