Aplikasi MONIKS BPJS Kesehatan Dapat Penghargaan Internasional

KalbarOnline.com – Menjelang akhir tahun 2020, Asean Social Security Association (ASSA) memberikan penghargaan bergengsi ASSA Recognition Award kepada BPJS Kesehatan untuk kategori Continuous Improvement Recognition Award.

Penghargaan bergengsi tersebut dianugerahkan pada BPJS Kesehatan atas inovasinya yang bernama One Stop Apps: Monitoring of Strategic Cooperation Implementation alias Aplikasi Monitoring Kerja Sama Strategis (MONIKS).

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris mengatakan, dengan aplikasi MONIKS, semua kemitraan strategis BPJS Kesehatan dengan institusi, kementerian, dan lembaga nasional maupun internasional, dapat dipantau secara real time.

Kantor Kedeputian Wilayah dan Kantor Cabang BPJS Kesehatan mencatat progress pelaksanaan kerja sama di aplikasi MONIKS secara kontinyu, mulai dari jumlah kerja sama, kemajuan implementasi kerja sama, hingga memberikan early warning system masa berakhirnya kerja sama.

Baca Juga :  Wako Edi Kamtono Perjuangkan Tambah Kuota BPJS PBI ke Pusat

“Sampai dengan Oktober 2020, BPJS Kesehatan telah menjalin 135 kerja sama dengan berbagai institusi dalam dan luar negeri. Keberadaan aplikasi MONIKS membantu kami memantau hasil kerja sama secara real time dan komprehensif, sehingga sangat berguna dalam menentukan kebijakan,” ungkapnya mengutip laman BPJS Kesehatan.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Chairman ASSA 2019 – 2020 Omar Mohd Dali kepada BPJS Kesehatan dalam acara 37th ASSA Board Meeting yang digelar National Social Security Fund (NSFF) Kamboja secara virtual. Selain Indonesia, acara tersebut juga dihadiri oleh negara-negara anggota ASSA lainnya, seperti Brunei, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Thailand, dan Vietnam. Adapun dalam ASSA, terdapat 15 lembaga jaminan sosial yang telah bergabung, termasuk BPJS Kesehatan salah satunya.

Baca Juga :  BPJS Pastikan Seluruh Masyarakat Kalbar Bisa Tercover Dalam Program JKN

“Penghargaan dari ASSA ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus berinovasi agar pengelolaan Program JKN-KIS berjalan kian optimal,” tuturnya.

Sebagai informasi, BPJS Kesehatan juga telah menjalin hubungan kemitraan dengan sejumlah institusi internasional lainnya yang berkaitan dengan jaminan kesehatan sosial, seperti National Health Insurance Service (NHIS) Korea Selatan, Japan International Corporation Agency (JICA), The Health Insurance Review and Assessment Service (HIRA) Korea Selatan, Sosyal Guvenlik Kurumu (SGK) Turki, hingga International Social Security Association (ISSA).

Comment