Vaksin Perlu Didukung dengan Kepatuhan Masyarakat Terapkan 3M

KalbarOnline.com – Vaksinolog dan Spesialis Penyakit Dalam, Dirga Sakti Rambe menyampaikan, proses vaksinasi dinilai sebagai upaya pemerintah dalam menangani pandemi. Menurutnya, masyarakat kini sudah tidak sabar menunggu tahapan selanjutnya dari program vaksinasi ini.

“Saya sekarang melihat kecenderungan banyak orang berspekulasi padahal ini masih berproses, Badan POM masih melakukan kajian-kajian dan tidak akan ada vaksinasi apapun sebelum izin dari Badan POM keluar. Ini adalah upaya Pemerintah untuk memastikan, vaksin yang kita gunakan betul-betul aman dan efektif,” kata Dirga Sakti Rambe dalam keterangannya, Rabu (16/12).

Dirga tidak membenarkan jika virus Covid-19 akan hilang dengan sendirinya. Sebab ada jutaan kematian akibat virus ini di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Karena itu, perlu ada upaya-upaya ekstra, yaitu protokol kesehatan harus dijalankan secara konsisten.

Baca Juga :  Sadarkan Masyarakat, Sosialisasi 3M Harus Dilakukan Tanpa Henti

Penerapan protokol kesehatan itu dengan patuh 3M diantaranya memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer. “Protokol kesehatan harus dijalankan secara konsisten, dengan adanya vaksinasi nanti diharapkan akan membantu, karena vaksin memberi proteksi yang bersifat spesifik”, ujar Dirga.

Baca juga: Penerapan 3T dan 3M Bisa Mencegah Penularan Covid-19

Sementara itu, Dirga tak memungkiri Covid-19 memiliki spektrum gejala yang luas pada penderitanya, mulai dari tidak bergejala sama sekali hingga bergejala berat yang menyebabkan proses identifikasi pasien menjadi semakin sulit. “Bahkan penelitian menunjukkan 40 persen pasien Covid-19 tidak bergejala. Meskipun begitu, penting untuk diketahui, baik bergejala atau tidak, semua pasien Covid-19 ini bisa menularkannya ke orang lain,” pungkas Dirga.

Baca Juga :  Doni Monardo Prihatin Banyak Kerumuman Abaikan Protokol Kesehatan

Selain itu dalam menghadapi Covid-19 memang perlu kedewasaan diri. Sehingga bisa transparan apabila tertular, agar bisa melindungi orang-orang di sekitar. “Saya mengajak masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan 3M. Protokol kesehatan ini jangan sampai jadi slogan saja, sampai nanti setelah divaksinasi. Karena setiap upaya pencegahan tidak ada yang sempurna, jadi kita harus betul-betul melakukan semuanya,” pungkas Dirga.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment