Pontianak Jalin Kerjasama Lintas Daerah

Pontianak Jalin Kerjasama Lintas Daerah

Pemkot Pontianak, Pemkab Kubu Raya dan Mempawah Teken Kerjasama

KalbarOnline, Pontianak – Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyambut baik terjalinnya kerjasama antara Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kubu Raya dan Pemkab Mempawah dalam peningkatan perekonomian dan daya saing daerah. Ia menilai adanya interland antara Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Mempawah bisa membawa kemajuan bagi ketiga daerah.

“Sehingga semuanya tidak menumpuk di Kota Pontianak,” ujarnya usai menandatangani kesepakatan kerjasama tersebut di Ruang Data Analytic Room Kantor Gubernur Kalbar, Selasa (15/12/2020).

Baca Juga :  Gebrak Masker Kalbar Cegah Keterjangkitan Covid dan Rangsang UMKM

Edi berharap  melalui kerjasama ini ada sinergitas layanan yang terhubung dengan difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Kalbar. Dirinya mendukung pengembangan wilayah di Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Mempawah sehingga Kota Pontianak tidak semakin padat.

“Adanya pengembangan wilayah interland menjadi baik untuk kepentingan pelayanan di Kota Pontianak,” sebutnya.

Saat ini kerjasama yang sudah dilakukan Pemkot Pontianak adalah pelayanan air bersih yang melayani Kabupaten Kubu Raya maupun Mempawah. Sementara untuk membentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) bersama, pihaknya akan melakukan penjajakan lebih lanjut. Menurutnya, antara Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya dan Mempawah hanya batas wilayah administrasi yang membedakannya. Tidak sedikit warga Kabupaten Kubu Raya dan Mempawah yang bekerja dan beraktivitas di Kota Pontianak atau sebaliknya.

Baca Juga :  Lantik Kepala Perwakilan BPKP Kalbar, Pj Gubernur Harapkan Ini

“Jadi hanya batas wilayah administrasi yang membedakan tapi pelayanan tetap sama,” pungkasnya. (prokopim)

Comment