Muhadjir: Anggaran Kita Kecil, Gunakan Sebaik-baiknya dan Terukur

KalbarOnline.com – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menekankan pentingnya kedisiplinan dalam penggunaan anggaran di masing-masing unit kerja. Sebab, itu akan berpengaruh terhadap peningkatan capaian kinerja pada 2021 mendatang.

“Saat ini kita sudah memasuki penghujung tahun 2020, yang saya minta disiplin anggaran. Karena anggaran kita kecil jadi semua harus dipergunakan sebaik-baiknya dan harus terukur,” ujar Menko PMK melalui keterangan resmi, Rabu (16/12).

Ia pun menekankan bahwa penggunaan anggaran harus diikuti dengan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev). Selain itu, sebaiknya monev ini dilakukan secara berjenjang sehingga target-target yang sudah dicanangkan akan bisa dicapai sebelum akhir tahun.

Baca Juga :  Polda Jatim Kerahkan Brimob Tindak Pelaku Penyerangan di Situbondo

“Kalau ada yang tidak sesuai agar segera dievaluasi. Itu fungsinya monev,” ucap dia.

Ia pun menyayangkan penggunaan anggaran yang biasanya baru dilakukan di pengujung tahun. Jadi, penyerapan anggaran tidak efektif untuk setiap program yang ada.

“Yang sering dilakukan selama ini penggunaan anggaran itu ditumpuk di akhir tahun, akhirnya tergesa-gesa dan tidak jarang memunculkan diskresi. Kebiasaan yang seperti ini yang saya minta agar diubah dan harus diatur sedemikian rupa agar tidak menumpuk di akhir tahun,” tegasnya.

Baca Juga :  Bupati Kapuas Hulu Dampingi Ketua Komisi V DPR RI Launching Program Inpres Jalan Manday - Embaloh Hilir

Untuk tahun 2021, ia meminta agar penggunaan anggaran dapat betul-betul dimaksimalkan. Monev juga dilakukan agar hasil di lapangan sesuai dengan target-target dalam rapat.

“Setiap kedeputian agar memiliki dashboard guna memudahkan dalam menjalankan tugas dan fungsi koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian. Selain juga dapat memperkuat sinergitas antar kementerian/lembaga di bawah lingkup Kemenko PMK,” pungkasnya.

Comment