Jokowi: Banyaknya Kasus Bukan Parameter Prestasi Pemberantasan Korupsi

KalbarOnline.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, kinerja lembaga pemberantasn korupsi bukan dilihat dari seberapa banyak kasus korupsi yang bisa ditangani. Lebih dari itu, perlu ada prestasi dalam upaya pencegahan supaya tidak ada lagi korupsi.

“Kinerja penegakan hukum bukan diukur dari seberapa banyak kasus yang ditemukan tetapi pada bagaimana mencegah secara berkelanjutan, agar tindak pidana korupsi itu tidak sampai terjadi lagi,” katanya, dalam peringatan Hari Anti-Korupsi Sedunia di Istana Negara, Jakarta, Rabu (16/12).

Baca Juga :  Hari ke-10, Polri Sudah Periksa 438 Sampel DNA Korban Sriwijaya Air

Jokowi juga berpesan agar aparat penegak hukum bisa meningkatkan profesionalitas dalam pemberantasan korupsi. Dia meminta, prientasi dan mindset dalam pengawasan dan penegakan hukum harus diarahkan untuk perbaikan tata kelola dan pencegahan korupsi.

Baca Juga :  Jokowi Sebut Pemerintah Bakal Terus Tuntaskan Masalah HAM Masa Lalu

Menurut Jokowi, upaya pemberantasan korupsi membutuhkan kegigihan dan konsistensi yang luar biasa. Diperlukan sinergi dan kerja sama antarlembaga dalam memberantas korupsi.

“Ini untuk menutup peluang bagi terjadinya korupsi dan perlu tindakan yang adil dan konsisten untuk menindak para pelaku pidana korupsi,” ungkapnya.

Comment