Cegah Klaster Covid-19 Libur Nataru dengan Tekan Mobilitas Masyarakat

KalbarOnline.com – Langkah menekan mobilitas masyarakat sangat dibutuhkan untuk upaya mencegah kenaikan angka penularan Covid-19. Terlebih dalam waktu dekat akan tiba libur panjang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 atau Nataru.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito meminta masyarakat menahan diri untuk tidak bepergian. Dengan cara seperti itu, maka diyakini tidak terjadi penularan Covid-19.

“Saya menghimbau masyarakat, jika perjalanan tidak mendesak, diharapkan tidak melakukannya,” kata Wiku.

Masyarakat juga diharapkan mengenali dengan baik risiko jenis mobilitas dan kegiatan yang dilakukan. Seperti kondisi dengan risiko terendah, yaitu beraktivitas di rumah, hanya berinteraksi dengan keluarga inti dan melakukan perjalanan singkat dengan kendaraan pribadi dengan keluarga tanpa melakukan pemberhentian selama perjalanan.

Baca Juga :  Keajaiban, Pria di Inggris Sembuh dari Covid-19 Setelah 222 Hari

Mobilitas masyarakat bisa dikategorikan terkait risiko. Kondisi lebih berisiko yakni perjalanan dengan kendaraan pribadi bersama keluarga tanpa melakukan permberhentian selama perjalanan. Dan melakukan interaksi dengan bukan anggota keluarga inti di ruang terbuka dengan mematuhi 3M atau memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Kondisi lebih tinggi berisiko, yaitu perjalanan dengan kendaraan pribadi bersama bukan anggota keluarga, perjalanan kereta, atau bus jarak jauh. Lalu, berinteraksi dengan beberapa orang yang bukan keluarga inti di ruang tertutup dengan sebagian besar mematuhi 3M.

Baca Juga :  MPR Butuh Peran TNI Hadapi Resesi dan Pandemi Covid-19

Dan kondisi risiko tertinggi, yaitu penerbangan dengan transit, perjalanan dengan kapal atau perahu, dan berinteraksi dengan orang dari beragam sumber di ruangan tertutup dengan ventilasi buruk dengan sebagian kecil mematuhi 3M.

“Pengambilan kebijakan terkait pelaku perjalanan dilakukan karena selalu ada tren kenaikan kasus setiap adanya masa liburan panjang,” pungkas Wiku.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment