Politisi PKS DPR Sayangkan Pemerintah Tergesa-gesa Datangkan Vaksin

KalbarOnline.com – Sebanyak 1.2 juta dosis vaksin Sinovac yang sudah tiba di tanah air dari Tiongkok. Namun, vaksin tersebut belum mendapatkan izin penggunaan darurat dari BPOM.

Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher mempertanyakan bagaimana nasib vaksin jika tingkat efikasinya tidak memadai. ’’BPOM belum mengeluarkan Izin penggunaan darurat, tapi 1.2 juta vaksin sudah didatangkan ke tanah air. Pihak Sinovac sendiri belum mengeluarkan data efikasinya. Bagaimana nasib vaksin yang sudah tiba tersebut, jika ternyata hasil uji klinisnya tidak memadai?,’’ kata Netty kepada wartawan, Selasa (15/12).

Menurut Netty, dalam pengadaan vaksin,  pemerintah harus memastikan keamanan, efektivitas, kebermanfaatan, dan status kehalalannya. ’’Setiap vaksin memiliki manfaat sekaligus risiko yang harus diantisipasi sebelum diberikan kepada masyarakat. Untuk itu, Pemerintah harus konsisten dan patuh terhadap rekomendasi ilmiah sesuai evidence base practices,’’ katanya.

Sebagaimana diketahui,  uji klinis tahap ketiga Sinovac masih berlangsung di Kota Bandung, dan hasil lengkap baru tersedia akhir Desember  atau awal Januari. Oleh karena itu, kata Netty, pemerintah harus menunggu Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM, lolos sertifikat halal MUI, serta terbukti efektif melawan Covid-19.

Baca Juga :  Nawawi Minta Publik Tak Simpulkan Sepihak Terbakarnya Gedung Kejagung

Menurut Netty, hingga saat ini pengujian oleh LPOM MUI masih mandeg, karena pihak produsen belum memenuhi semua persyaratan dokumen yang diminta.

Netty menyayangkan ketergesaan pemerintah mendatangkan vaksin sementara uji klinis belum selesai. ’’Kenapa pemerintah terburu-buru mendatangkan vaksin jadi? Ada apa? Siapa yang berani menjamin selama proses menunggu data, vaksin tidak akan rusak? Bukankah proses penyimpanannya juga membutuhkan biaya?,’’ katanya.

Selain itu, Netty juga menyoroti  beberapa rumah sakit yang sudah melakukan komersialisasi atas vaksin tersebut dengan cara pre-order. ’’Tingkat keampuhan, kebermanfaatan dan kehalalannya  belum bisa dibuktikan. Kenapa sudah diiklankan? Bagaimana pemerintah mengatur ini?,’’ tanya Netty.

Baca Juga :  Gubernur Washington Sebut Restoran Merupakan Pusat Penularan Covid-19

Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI itu meminta pemerintah agar menggunakan strategi komunikasi yang jelas dan transparan dalam pengadaan vaksin. Dia emnyatakan, itu soal bagaimana marketing policy-nya. Jangan sampai pemerintah menganggap bahwa mereka memiliki otoritas mengadakan vaksin lalu mengabaikan begitu saja partisipasi dari rakyat. Harus jelas, clear dan transparan kepada publik. Mengapa ada vaksin program dan vaksin mandiri, ada yang gratis dan ada yang berbayar,  berapa harga  yang akan dipungut dari masyarakat, berapa harga beli vaksin, bagaimana keamanannya, kapan program vaksinasi dilakukan.

Netty pun meminta pemerintah belajar dari pengalaman sebelumnya di mana komunikasi yang buruk, kurang tepat, dan tidak sinkron akhirnya  malah  menimbulkan kegaduhan publik. ’’Alih-alih menurunkan kurva pandemi, justru muncul publik distrust terhadap Pemerintah karena kesimpangsiuran informasi soal vaksin,’’ ungkapnya. (*)

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment